Skripsi / Tugas Akhir

20200011101
M. KHOIRUL ABSHOR



ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SMA NEGERI KABUPATEN KENDAL


Abstrak - ABSTRAK M. Khoirul Abshor, NIM 20200011101. Analisis Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Di SMA Negeri Kabupaten Kendal, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2022 Kata Kunci: Nilai Pendidikan Agama Islam, Projek, Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Sekolah Penggerak Merupakan Kurikulum Baru Yang Dipelopori Oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nadhiem Makarim. Dalam Kurikulum Ini Terdapat Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Selain Pembelajaran Reguler Di Dalam Kelas. Dalam Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tersebut Tentunya Terdapat Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Yang Bisa Dianalisa. Permasalahan Penelitian Ini Adalah Analisis Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMA Negeri Kabupaten Kendal, Proses Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMA Negeri Kabupaten Kendal, Dan Faktor Penghambat Dalam Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMA Negeri Kabupaten Kendal. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Lapangan (field Research), Yang Dilakukan Dengan Kualitatif. Pada Praktiknya, Penelitian Ini Menggunakan Teknik Pengumpulan Data Berupa Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Datanya Menggunakan Analisis Deskriptif, Dari Lapangan Yang Sebelumnya Diolah Terlebih Dahulu. Hasil Temuan Menunjukkan Bahwa : (1) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMA Negeri 1 Pegandon Yaitu Nilai Ketakwaan, Nilai Keikhlasan, Nilai Kejujuran, Nilai Kerjasama, Nilai Toleransi, Dan Nilai Kompetitif, Sedangkan Nilai Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Boja Yaitu Nilai Kerjasama, Nilai Persaudaraan Dan Nilai Tolong Menolong. (2) Proses Penanaman Nilai Tersebut Dilakukan Dengan Beberapa Cara Yaitu Dengan Pembelajaran PAI Di Kelas, Dengan Pembiasaan, Dan Juga Dengan Bimbingan Ketika Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. (3) Faktor Penghambat Dalam Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Baik Di SMA Negeri 1 Pegandon Maupun Di SMA Negeri 1 Boja Yaitu Pembelajaran Daring Maupun PTM Terbatas Yang Menjadikan Penanaman Nilai Tidak Dapat Dilakukan Secara Optimal Karena Tidak Bisa Mengawasi Secara Lebih Intens Karena Terbatasnya Waktu Bertemu Dengan Para Siswa.
Silahkan login untuk meminjam