Skripsi / Tugas Akhir

IMG 153010001
RUSMANTO



ANALISIS PENGARUH KECEPATAN PUTAR TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIK PADA SAMBUNGAN LAS GESEK PADUAN ALUMUNIUM


Abstrak - Dalam Teknologi Pengelasan Telah Mengalami Banyak Kemajuan Salah Satunya Yaitu Teknologi Pengelasan Gesek (Friction Welding). Saat Ini Telah Menjadi Solusi Permasalahan Untuk Mengatasi Pengelasan Dalam Proses Penyambungan Yang Berbentuk Silinder Pejal Berbahan Sama Maupun Berbeda Tanpa Perlu Bahan Tambahan Logam Pengisi. Salah Satu Pengelasan Gesek Adalah Dengan Metode Continuous Drive Friction Welding (CDFW) Yang Memanfaatkan Panas Akibat Gesekan Dari Putaran Dan Tekanan. Gesekan Dan Tekanan Dapat Melelehkan Sampai Ke Inti Antara Kedua Ujung Bahan Sehingga Bisa Tersambungkan Menjadi Lebih Kuat. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menguji Pengaruh Variasi Kecepatan Putar Pada Tekanan 3 MPa Hasil Sambungan Las Gesek (CDFW) Dengan Bahan Alumunium AA 1100 Terhadap Sifat Fisis Dan Makanik. Pengujian Dilakukan Dengan Proses Pengelasan Las Gesek (CDFW), Uji Makro, Struktur Mikro, Uji Tarik Dan Uji Kekerasan. Pengelasan Dengan Kecepatan Putar 900 Rpm, 1400 Rpm, Dan 2000 Rpm. Hasil Pengujian Memperlihatkan Bahwa Pada Variasi Putaran 900 Rpm Menghasilkan Struktur Mikro Lebih Rapat Dan Butiranya Halus Merata. Pada Putaran 900 Rpm Juga Didapatkan Kekuatan Tarik Tertinggi Yaitu Sebesar 129 MPa Dan Kekerasan Tertinggi Pada Sambungan Las Sebesar 44 HRB. Kata Kunci : Pengelasan Gesek (friction Welding), Uji Makro, Struktur Mikro, Uji Tarik, Uji Kekerasan.
Silahkan login untuk meminjam