Skripsi / Tugas Akhir

18200011233
MOHAMMAD KOMARUDIN



ANALISIS SUPERVISI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERMENDIKBUD NOMOR 22 DAN 23 TENTANG STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN DI SMP NU TERPADU BREBES


Abstrak - Mohammad Komarudin, NIM. 18200011233: Analisis Supervisi Implementasi Kebijakan Permendikbud Nomor 22 Dan 23 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Dan Standar Penilaian Di SMP NU Terpadu Brebes, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Tahun 2021. Kata Kunci: Permendikbud Nomor 22 Dan 23 Tahun 2016, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Supervisi Akademik Kepala Sekolah Merupakan Salah Satu Program Penting Yang Harus Dilaksanakan Oleh Kepala Sekolah Untuk Meningkatan Profesionalisme Kinerja Guru, Yang Merupakan Suatu Keharusan Bagi Satuan Pendidikan Agar Bisa Berkembang Dimasa Yang Akan Datang, Karena Guru Pada Satuan Pendidikan Merupakan Kunci Utama Keberhasilan Proses Belajar Mengajar. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memahami Dan Menganalisis: (1) Konsep Kebijakan Permendikbud Nomor 22 Dan 23 Tahun 2016 (2) Proses Pembelajaran Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Dan 23 Tahun 2016 (3) Latar Belakang Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP NU Terpadu Brebes. (4) Hasil Supervisi Akademik Kepala Sekolah Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Dan 23 Tahun 2016 Di SMP NU Terpadu Brebes. (5) Implikasi Kebijakan Permendikbud Nomor 22 Dan 23 Tahun 2016 Dalam Standar Proses Dan Standar Penilaian Di SMP NU Terpadu Brebes. Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif Jenis Penelitian Lapangan. Metode Pengumpulan Datanya Adalah Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Model Analisis Interaktif Miles Dan Huberman Yang Mencakup Empat Komponen Yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi, Yakni Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Yang Memanfaatkan Sesuatu Yang Lain Dalam Membandingkan Hasil Wawancara Terhadap Objek Penelitian. Temuan Penelitian Menunjukkan Bahwa: (1) Konsep Kebijakan Permendikbud Nomor 22 Dan 23 Tahun 2016. Berisikan Tentang Pengembangan Silabus Dan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Tentang Pengembangan Penilaian. (2) Proses Pembelajaran Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Dan 23 Tahun 2016 Terdiri Dari Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti, Dan Kegiatan Penutup. (3) Latar Belakang Supervisi Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Agama Islam Dilatarbelakangi Bahwa Keberhasilan Guru Dalam Menyusun Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Harus Berdasarkan Spesifikasi Atau Kriteria Kompetensi Yang Harus Dimiliki Oleh Setiap Guru. (4) Hasil Supervisi Akademik Kepala Sekolah Berdasarkan Kebijakan Permendikbud Nomor 22 Dan 23 Tahun 2016 Bahwa Supervisi Berpusat Pada Masalah Pembelajaran. Dan Dilakukan Untuk Mengetahui Kemampuan Mengajar Guru, Memberikan Bimbingan Dan Pengawasan. (5) Implikasi Kebijakan Permendikbud Nomor 22 Dan 23 Tahun 2016 Bahwa Pendidikan Agama Merupakan Bagian Dari Sistem Pendidikan Nasional Yang Memiliki Kontribusi Yang Besar Dalam Penanaman Nilai-nilai Moral Spiritual Dan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik.
Silahkan login untuk meminjam