Skripsi / Tugas Akhir

20200011026
CHUDJAZI



DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP NILAI-NILAI SPIRITUAL SISWA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KABUPATEN BREBES


Abstrak - ABSTRAK Chudjazi, NIM. 20200011026: Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Nilai-Nilai Spiritual Siswa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Brebes, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Tahun 2021. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Nilai-Nilai Spiritual, Karakter Siswa Peran Spiritual Dalam Pembelajaran Daring Sangat Mempengaruhi Terhadap Aspek Spiritual Mereka. Sebagai Makhluk Spiritual, Mereka Terkadang Lupa Baik Disengaja Atau Tidak Disengaja Untuk Mengembangkan Diri Dan Memperdalam Aspek Spiritual Pada Dirinya. Padahal Hal Tersebut Dapat Dilakukan Dalam Berbagai Cara, Seperti Halnya Mengikuti Kegiatan Spiritual Yang Dilakukan Di Lingkungan Pendidikan. Namun Alasan Kesibukan Mereka Terhadap Hal Selain Kegiatan Di Sekolah Membuat Mereka Enggan Melakukan Peningkatan Diri Dalam Aspek Spiritual. Hal Ini Biasanya Terjadi Pada Usia-usia Produktif, Sebab Prestasilah Yang Selalu Mereka Kedepankan, Baik Dalam Prestasi Akademik Maupun Non Akademik. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memahami Dan Menganalisis: (1) Model Pembelajaran Daring Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kabupaten Brebes (2) Nilai-nilai Spiritual Siswa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Brebes (3) Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Nilai-nilai Spiritual Siswa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Brebes. Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif Jenis Penelitian Lapangan. Metode Pengumpulan Datanya Adalah Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Model Analisis Interaktif Miles Dan Huberman Yang Mencakup Empat Komponen Yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi, Yakni Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Yang Memanfaatkan Sesuatu Yang Lain Dalam Membandingkan Hasil Wawancara Terhadap Objek Penelitian. Temuan Penelitian Menunjukkan Bahwa: (1) Model Pembelajaran Daring Pada MTs Negeri Kabupaten Brebes, Konsep Yang Diterapkan MTs Negeri Kabupaten Brebes Bahwa Pembelajaran Daring Di MTs Negeri Di Kabupaten Brebes Menggunakan Metode Yang Bervariatif Diantaranya Adalah Whatsapp Group, Google Classroom Dan E-Learning. (2) Nilai-nilai Spiritual Siswa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di MTs Negeri Kabupaten Brebes Memiliki Kegiatan Untuk Menanamkan Nilai Spiritual Kepada Siswa Yaitu Sebagai Berikut: Kegiatan Membaca Al-Qur’an; Shalat Dhuha Berjama’ah; Istighotsah; Dan Infaq Jum’at. Implementasi Nilai Karakter Yang Diterapkan Di MTs Negeri Brebes Antara Lain: Kejujuran; Kedisiplinan; Tanggung Jawab; Sikap Sopan Santun. (3) Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Nilai-nilai Spiritual Siswa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di MTs Negeri Kabupaten Brebes Bukan Hanya Pendidik Saja Namun Peserta Didik Dan Wali Murid Di Rumah. Pembelajaran Sangat Disarankan Secara Daring Atau Online, Karena Itu Diperlukan Perangkat Pendukung Pembelajaran Online Sangat Penting Disini, Mulai Dari Jaringan Internet, Gadget Atau Laptop, Kuota, Dan Sinyal Yang Mendukung.
Silahkan login untuk meminjam