Skripsi / Tugas Akhir

20200011089
LAILATUL MAGHFIROH



DAMPAK PERALIHAN DARI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SECARA DARING KE PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 1 DAN SMP NEGERI 3 UNGARAN


Abstrak - ABSTRAK Lailatul Maghfiroh, NIM. 20200011089. Dampak Peralihan Pembelajaran PAI Secara Daring Ke PTM Terbatas Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SMP Negeri 1 Dan SMP Negeri 3 Ungaran, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam Unwahas Tahun 2022. Kata Kunci: PTM Terbatas, Pembentukan Karakter Religius. Tujuan Penelitian Ini Adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Dan Menganalisis Karakter Religius Siswa Di SMP Negeri 1 Dan SMP Negeri 3 Ungaran Pada Masa Pembelajaran PAI Secara Daring. 2) Untuk Mendeskripsikan Dan Menganalisis Dampak Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SMP Negeri 1 Dan SMP Negeri 3 Ungaran Pada Peralihan Dari Pembelajaran PAI Secara Daring Ke PTM Terbatas. 3) Untuk Mendeskripsikan Dan Menganalisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SMP Negeri 1 Dan SMP Negeri 3 Ungaran Pada Peralihan Pembelajaran PAI Secara Daring Ke PTM Terbatas. Hasil Dari Penelitian Ini Adalah: Dampak Karakter Religius Siswa Di SMP Negeri 1 Ungaran Pada Masa Pembelajaran PAI Secara Daring Adalah Siswa Sering Terlambat Mengerjakan Sholat Subuh, Siswa Kurang Bersemangat Mengerjakan Sholat Dhuha Di Rumah, Siswa Malas Mengaji, Semangat Menuntul Ilmu Berkurang. Sedangkan Di SMP Negeri 3 Ungaran Dampaknya Adalah Siswa Kurang Disiplin, Lebih Banyak Menggunakan HP Untuk Bermain, Melupakan Pembiasaan 5S, Sulit Diminta Menjadi Petugas Pembiasaan Mengaji, Kurang Memperhatikan Guru Saat Pembelajaran, Tidak Segera Melaksanakan Sholat Dhuhur. Pembentukan Karakter Religius Siswa Pada Saat PTM Terbatas Di SMP Negeri Ungaran Adalah Mengadakan Kamis Jumat Religi, Mengajak Siswa Memberikan Bantuan Kepada Teman Yang Orang Tuanya Terdampak Adanya Pandemic, Menyeiakanmakanan Ringan Gratis Untuk Siswa Yang Tidak Membawa Bekal. Sedangkan Di SMP Negeri 3 Ungaran Adalah Melakukan Penambahan Hari Untuk Pembiasaan Mengaji, Mengadakan Mujahadah Setiap Hari Jumat, Mengaktifkan Sholat Dhuhur Berjamaah, Membuat Jadwal Piket 5S Dan 5P, Bersama Polres Setempat Memberikan Motivasi Pada Siswa. Faktor Pendukung Pembentukan Karakter Di SMP Negeri 1 Ungaran Adalah Lingkungan Keluarga Serta Peran Guru Dan Kepala Sekolah. Sedangkan Di SMP Negeri 3 Ungaran Adalah Dukungan Dari Pendidik Dan Tenaga Kependidikanperan Aktif Orang Tua, Tersedianya Sarana Prasarana. Faktor Penghambat Di SMP Negeri 1 Ungaran Adalah Kebiasaan Siswa Memegang HP Dan Kehadiran Siswa 50%. Sedangkan Di SMP Negeri 3 Ungaran Adalah Ketergantungan Siswa Pada HP, Kehadiran Siswa 50% Serta Peran Orang Tua Yang Kurang Maksimal.
Silahkan login untuk meminjam