Skripsi / Tugas Akhir

18200011226
ZAIUL MA'ARIF



EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (E-LEARNING) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK AS SYAMSURIYYAH WANASARI


Abstrak - Zainul Ma’arif, NIM. 18200011226: Efektivitas Pembelajaran Daring (E-Learning) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk As Syamsuriyyah Wanasari: Program Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Tahun 2021. Kata Kunci: Efektifitas Pembelajaran, Pembelajaran Daring (e-learning), Pandemi Covid 19. Latar Belakang Pembahasan Penelitian Ini Adalah Pademi Covid-19 Ini Membuat Sistem Pembelajaran Di Sekolah Dipaksa Berubah Secara Drastis Dari Pembelajaran Tatap Muka Menjadi Pembelajaran Secara Daring (e-learning). Pelaksanaan Pembelajaran Ini Berlangsung Dari Jenjang Sekolah Dasar Hingga Perguruan Tinggi. Melalui Pembelajaran Daring, Pembelajaran Tidak Terbatas Oleh Ruang Dan Waktu. Interaksi Antara Guru Dan Siswa Berlangsung Kapanpun Dan Dimanapun. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memahami Dan Menganalisis: (1) Desain Pembelajaran Daring (e-learning) Dimasa Pandemi Covid-19 Memiliki Efektivitas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK As Syamsuriyyah Wanasari (2) Pelaksanaan Pembelajaran Daring (e-learning) Dimasa Pandemi Covid-19 Yang Efektif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK As Syamsuriyyah Wanasari (3) Evaluasi Pembelajaran Daring (e-learning) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Yang Efektif Di SMK As Syamsuriyyah Wanasari. Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif Jenis Penelitian Lapangan. Metode Pengumpulan Datanya Adalah Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Model Analisis Interaktif Miles Dan Huberman Yang Mencakup Empat Komponen Yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi, Yakni Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Yang Memanfaatkan Sesuatu Yang Lain Dalam Membandingkan Hasil Wawancara Terhadap Objek Penelitian. Hasil Penelitian Ini Adalah Sebagai Berikut: (1) Keberhasilan Guru Dalam Melakukan Pembelajaran Daring Pada Situasi Pandemi Covid-19 Ini Adalah Kemampuan Guru Dalam Berinovasi Merancang, Dan Meramu Materi, Metode Pembelajaran, Dan Aplikasi Apa Yang Sesuai Dengan Materi Dan Metode. Kreatifitas Merupakan Kunci Sukses Dari Seorang Guru Untuk Dapat Memotivasi Siswanya Tetap Semangat Dalam Belajar Secara Daring (online) Dan Tidak Menjadi Beban Psikis.. (2) Dengan Demikian, Pembelajaran Daring Sebagai Solusi Yang Efektif Dalam Pembelajaran Di Rumah Guna Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Physical Distancing (menjaga Jarak Aman) Juga Menjadi Pertimbangan Dipilihnya Pembelajaran Tersebut. Kerjasama Yang Baik Antara Guru, Siswa, Orangtua Siswa Dan Pihak Sekolah/madrasah Menjadi Faktor Penentu Agar Pembelajaran Daring Lebih Efektif.
Silahkan login untuk meminjam