Skripsi / Tugas Akhir

20200011105
AGUS PRIYATNO



IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DAN SMA SWASTA DI KABUPATEN BOYOLALI


Abstrak - AGUS PRIYATNO, NIM: 20200011105, Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Religius Peserta Didik SMA Negeri Dan SMA Swasta Di Kabupaten Boyolali, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2022 Kata Kunci: Implementasi Kerikulum PAI, Nilai-Nilai Religius Bangsa Indonesia Adalah Negara Yang Besar Dengan Masyarakat Yang Majemuk Dan Beragam, Baik Dari Segi Etnis, Budaya, Bahasa, Bahkan Agama. Perlu Diketahui Kurikulum Pendidikan Agama Islam Mengarahkan Peserta Didik Untuk Mengikuti Setiap Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sehingga Tercapai Nilai-nilai Akademis Yang Mencerminkan Nilai-nilai Luhur Sehingga Mampu Menjadikan Peserta Didik Yang Taat Dan Patuh Dalam Setiap Norma Dan Agama. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Merencanakan Internalisasi Nilai-nilai Religius, Mengetahui Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Pelaksanaan Internalisasi Nilai-nilai Religius, Dan Dampak Internalisasi Nilai-nilai Religius Terhadap Peserta Didik SMA Negeri Dan Swasta Di Kabupaten Boyolali. Jenis Penelitian Yang Dilakukan Adalah Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Deskriptif. Pengumpulan Data Melalui Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Untuk Menganalisis Data, Peneliti Menggunakan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif, Yaitu Mendeskripsikan Data-data Yang Ada Untuk Menggambarkan Realitas Sesuai Dengan Fenomena Yang Sebenarnya. Dalam Melakukan Wawancara Peneliti Menentukan Subjek Penelitian Antara Lain Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Sapra Dan Guru Pendidikan Agama Islam. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa: Pertama, Perencanaan Yang Dilakukan Oleh Guru PAI Dalam Internalisasi Nilai-nilai Religus Di SMA Negeri 1 Teras Dan SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Antara Lain: 1) Guru PAI Melakukan Koordinasi Dengan Guru PAI Di Forum MGMP Se Kota Untuk SMA Teras Sedangkan SMA BK Tidak; 2) Koordinasi Sesama Guru PAI Di Sekolah; 3) Konsultasi Ke Kepala Sekolah Kemudian Disosialisasikan Kepada Seluruh Guru Dan Siswa. Kedua, Pelaksanaan Internalisasi Nilai-nilai Religius Di SMA Negeri 1 Teras Dan SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Ini Guru Pendidikan Agama Islam Melakukan Beberapa Strategi Antara Lain: 1) Melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM); 2) Melalui Program Rohis; 3) Kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI); 4) Pembiasaan Melalui Budaya Lingkungan Sekolah. Ketiga, Dampak Internalisasi Nilai-nilai Religus Di SMA Negeri 1 Teras Dan SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Antara Lain: 1) Siswa Bisa Membaca Al-Qur’an Dan Asmaul Husna Dengan Baik Dan Lancar; 2) Cara Berbicara Siswa Sopan Dan Santun Serta Menghormati Gurunya; 3) Cara Berbusana Yang Rapi Dan Menutup Aurat; 4) Siswa Disiplin Dengan Baik.
Silahkan login untuk meminjam