Skripsi / Tugas Akhir

19200011008
M. FATKHURROHMAN



IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COGNITIVE STYLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS XI DI MA TAQWAL ILAH SEMARANG


Abstrak - ABSTRAK M. Fatkhurrohman, NIM 19200011008. M.A : Implementasi Model Pembelajaran Cognitive Style Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas XI Di MA Taqwal Ilah Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2021. Kata Kunci: Cognitive Style, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Fiqih Keberhasilan Pendidik Dalam Proses Pembelajaran Sangat Ditentukan Sejauh Mana Ia Memahami Karakteristik Peserta Didiknya. Kemampuan Pendidik Dalam Hal Ini Sangat Penting Yaitu Bagaimaan Pendidik Mampu Mengidentifikasi Karakter-karakter Masing-masing Individu. Perbedaan Karatakter Tersebut Berpengaruh Besar Terhadap Belajar Mereka Sesuai Dengan Gaya Atau Cara  Masing-masing Yang Sudah Barang Tentu Berbeda Antara Anak Yang Satu Dengan Yang Lainnya. Implikasinya Dari Karakter Peserta Didik Yang Begitu Fariatif Mendorong Pendidik Menerapkan Strategi, Model Maupun Metode Pembelajaran Yang Efektif Untuk Disesuaikan Dengan Karakter Masing-masing Anak Didik. Dari Berbagai Macam Karakter Yang Dimiliki Anak Didik Tersebut Yang Tidak Kalah Penting Yaitu Gaya Kognitif Dalam Belajar. Gaya Kognitif Merupakan Salah Satu Karakter Anak Didik Yang Sangat Penting Dan Berpengaruh Terutama Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar Mereka. Gaya Kognitif Berkaitan Dengan Bagaimana Mereka Belajar Melalui Cara-cara Sendiri Yang Melekat Dan Menjadi Kekhasan Pada Masing-masing Individu. Gaya Kognitif Sangat Erat Kaitannya Dengan Bagaimana Cara Menerima Dan Memproses Segala Informasi Khususnya Dalam Pembelajaran. Berbagai Kecenderungan-kecenderungan Dalam Belajar Mereka Dapat Didentifikasi Dan Kemudian Diklasifikasi Apakah Anak Tersebut Termasuk Gaya Kognitif Field Independent (berpikir Cenderung Memiliki Kemandirian Pandangan) Ataukah Filed Dependent (ketergantungan Pandangan. Selama Ini Seperti Yang Nampak Di Lapangan Praktek Pendidikan Tidak Begitu Memandang Penting Karateristik Peserta Didik. Sehingga Masih Sangat Jarang Pendidik Yang Memiliki Kemampuan Dan Keterampilan Mengungkap Dan Mengetahui Berbagai Karakteristik Peserta Didiknya Dalam Belajar. Yang Terpenting Bagaimana Materi Yang Disampaikan Kepada Peserta Didik Dapat Dikuasai Tanpa Memperhatikan Karakter Masing-masing. Sehingga Yang Terjadi Pendidik Cenderung Menyama Ratakan Karakter Masing-masing Anak Yang Begitu Bervariasi Yang Berbeda Satu Dan Lainnya. Hal Demikian Ini Dapat Diketahui Dari Strategi, Model, Dan Metode Pembelajaran Yang Nampak Monoton Yang Mereka Terapkan Dalam Proses Pembelajaran. Hasil Penelitian Ini Adalah; (1) Desain Model Pembelajaran Cognitive Style Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Taqwal Ilah Semarang Adalah Menggunakan Metode Diskusi, Guru Menyampaikan Materi Kemudian Membagi Kelompok Yang Kemudian Diskusikian, Siswa Bebas Berfikir Dan Menuangkang Ide Pendapat Serta Gagasan Sesuai Individu Masing-masing, Selain Itu Juga Menerapkan Metode-metode Lain Yang Bervariasi Disesuaikan Dengan Materinya. (2) Implementasi Model Pembelajaran Cognitive Style Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Taqwal Ilah Semarang Adalah Melalui Tiga Tahapan, Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi. (3) Implikasi Model Pembelajaran Cognitive Style Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Taqwal Ilah Seamarang Adalah Memiliki Dampak Yang Sangat Baik Bagi Sisiwa. Dampak Tersebut Adalah Siswa Termotivasi Untuk Belajar Mata Pelajaran Fiqih Yang Pada Dasarnya Di Rasa Sulit Bahkan Membosankan Serta Mudah Memahami Dan Menguasai Materi Yang Diajarkan.
Silahkan login untuk meminjam