Skripsi / Tugas Akhir

20200011011
SITI MUZAYANAH



IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ASWAJA AN NAHDLIYAH DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA DI SMP BUSTANUL ULUM BUARAN BANTARKAWUNG


Abstrak - ABSTRAK Siti Muzayanah,Nim 20200011011. Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) Dalam Penguatan Karakter Siswa Di SMP BU Buaran”. Kata Kunci : Nilai-Nilai Aswaja Dan Penguatan Karakter Latar Belakang Dari Penelitian Ini Adalah Munculny Dua Fenomena Makro Dan Mikro. Fenomena Makro Bisa Kita Cermati Semakin Pudar Atau Lunturnya Sikap Toleransi Dalam Masyaraat Beragama Di Indonesia, Yang Ditandai Dengan Maraknya Organisasi-organisasi Keagamaan Yang Bersifat Radikal, Ekslusif, Keras, Sering Menyalahkan Dan Mengkafirkan Antara Yang Satu Dengan Yang Lainnya. Di Sisi Lain Prilaku Remaja Yang Kian Menghawatirkan Seperti Penyalah Gunaan Obat-obatan Terlarang , Pergaulan Bebas Dan Sebagainya. Tujuan Penelitian Ini Mendieskripsikan, Mengidentifikasi Dan Menganalisis 1) Implementasi Nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) Dalam Penguatan Karakter Siswa Di SMP BU Buaran; 2) Bentuk Penguatan Karakter Siswa Di SMP BU Buaran; 3) Faktor Pendukung Dan Penghambat Implementasi Nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) Dalam Penguatan Karakter Siswa Di SMP BU Buaran. Untuk Dapat Data Yang Akurat Maka Jenis Penelitian Adalah Kualitatif, Dengan Menggunakan Pendekatan Studi Kasus, Dengan Metode Pengumpulan Data Observasi, Wawancar Dan Dokumentasi. Hasil Penelitianya Adalah Pertama, SMP Bustanul ‘Ulum (BU) Buaran Bantarkawung Telah Mengimplementasikan Nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) An-Nahdiyah Yang Mencakup Nilai-nilai Tasammuh, Tawassut, Tawazzun Dan Itidal, Sekalipun Dalam Pelaksanaan Masih Menyentuh Pada Aspek-aspek Dasar Implikasinya Dapat Dirasakan Disekolah Saja, Belum Menyentuh Aspek Makro Yang Implikasinya Dapat Dirasakan Pada Masyarakat Luas. Kedua, Penguatan Karakter Yang Dilaksanakan Di SMP Bustanul ‘Ulum (BU) Buaran Bantarkawung Secara Konsep Telah Terealisasi Dan Tertanam Secara Bersamaan Pada Saat Implementasi Nilai-nilai Aswaja An-Nahdiyah, Dan Menggunakan Tahapan-tahapan Yang Terencana Dengan Baik, Tahapan Tersebut Dimulai Dari Penguatan Karekater Religius, Integritas, Gotong Royong, Mandiri, Nasionalis. Ketiga, Proses Implementasi Nila-nilai Aswaja An-Nahdiyah Dan Penguataran Karakter Di SMP Bustanul ‘Ulum (BU) Buaran Bantarkawung Bisa Dikatakan Sukses Hal Ini Dapat Dilihat Dari Banyaknya Faktor Pendukung Yang Solid Baik Dari Internal Maupun Eksternal. Sementara Faktor Penghambat Yang Ada Bukan Merupakan Sesuatu Yang Berat Dan Prinsip, Melainkan Dapat Dirubah Secara Perlahan Oleh Pihak Sekolah.
Silahkan login untuk meminjam