Skripsi / Tugas Akhir

18200011231
Agus Imronudin



IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ASWAJA ANNAHDLIYAH DALAM MEMBINA KARAKTER MELALUI TRADISI KEARIFAN LOKAL


Abstrak - ABSTRAK Agus Imronudin, NIM. 18200011231 : Implementasi Nilai - Nilai Aswaja An-Nahdliyah Dalam Membina Karakter Melalui Tradisi Kearifan Lokal. Kata Kunci: Nilai Aswaja An-Nahdliyah, Karakter, Tradisi Kearifan Lokal Terkikisnya Prilaku Generasi Bangsa Khusunya Para Peserta Didik Yang Sudah Mulai Tidak Memperdulikan Nilai-nilai Ahlakul Karimah. Maka Lembaga Pendidikan Sebagai Salah Satu Tempat Untuk Memperbaiki Kembali Karakter Generasi Bangsa, Dengan Kegiatan-kegiatan Yang Mampu Mengembalikan Karakter Baiknya Peserta Didik. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memahami Dan Menganalisis: (1) Langkah-langkah Implementasi Nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah Dalam Membina Karakter Melalui Tradisi Kearifan Lokal Di MTs Al Kautsar Dukuhbadag (2) Model Implementasi Nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah Dalam Membina Karakter Melalui Tradisi Kearifan Lokal Di MTs Al Kautsar Dukuhbadag (3) Bentuk Atau Wujud Keberhasilan Dari Implementasi Nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah Dalam Membina Karakter Melalui Tradisi Kearifan Lokal Di MTs Al Kautsar Dukuhbadag Penelitian Ini Menggunakan Metode Kualitatif Dengan Pendekatan Data Deskriptif. Metode Pengumpulan Datanya Adalah Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Model Analisis Interaktif Miles Dan Huberman Yang Mencakup Empat Komponen Yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi, Yakni Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Yang Memanfaatkan Sesuatu Yang Lain Dalam Membandingkan Hasil Wawancara Terhadap Objek Penelitian. Temuan Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa: Langkah-langkah Pelaksanaan Implementasi Nilai Aswaja An- Nahdliyah Dalam Membina Karakter Melalui Tradisi Kearifan Lokal Yaitu Pengenalan Secara Teori Kepada Peserta Didik Tentang Nilai-nilai Aswaja, Memberikan Pemahaman Kepada Peserta Didik Tentang Nilai- Nilai Aswaja, Memberikan Tugas Kepada Peserta Didik Berkaitan Dengan Penerapan Nilai-nilai Aswaja, Dan Kerjasama Penanaman Nilai-nila Aswaja Antara Sekolah Dengan Masyarakat. Model Yang Digunakan Dalam Pelaksanaan Implementasi Nilai Aswaja An- Nahdliyah Dalam Membina Karakter Melalui Tradisi Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Informatif,pendekatan Partisipatif, Dan Pendekatan Eksperensiel Yang Dikembangkan Dengan Model Pendekatan Pengalaman, Pembiasaan, Emosional, Rasional,fungsional, Dan Pendekatan Keteladanan. Wujud Atau Bentuk Keberhasilan Dalam Pelaksanaan Implementasi Nilai Aswaja An-Nahdliyah Dalam Membina Karakter Melalui Tradisi Kearifan Lokal, Peserta Didik Mampu Mengambil Teladan Dari Nilai-nilai Yang Diajarkan Dalam Tradisi, Peserta Didik Mampu Mencontoh Keteladanan Para Tokoh, Dan Meningkatnya Karakter Yang Terbentuk Pada Peserta Didik.
Silahkan login untuk meminjam