Skripsi / Tugas Akhir

20200011119
AHMAT NURROHMAN



IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SPIRITUAL WIRA'I DI MADRASAH ALIYAH AL-ASROR GUNUNGPATI SEMARANG (STUDI ANALISIS KITAB TA'LIM MUTA'ALLIM KARYA SYAIKH BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI)


Abstrak - Berkembangnya Zaman Dan Menurunnya Pendidikan Karakter Spiritual Kepada Anak Muda Ataupun Peserta Didik, Perlunya Dalam Lembaga Pendidikan Untuk Menanamkan Kembali Nilai-nilai Karakter Yang Bersifat Spiritual Wira’i Kepada Peserta Didik. Karena Menurut Syaikh Burhanuddin Az-Zarnuji Peserta Didik Harus Dibekali Dengan Akhlak Yang Baik Dalam Individunya Maupun Sosialnya. Itu Yang Menjadi Kekhawatiran Syaikh Burhanuddin Az-Zarnuji Terhadap Anak Remaja Atau Peserta Didik Sekarang Dan Yang Akan Datang, Adanya Kemerosotan Karakter Maupun Moral Dari Zaman Ke Zaman. Penelitian Ini Termasuk Jenis Penelitian Field Research Atau Penelitian Lapangan, Adapun Sifat Dari Penelitian Ini Adalah Kualitatif Deskriptif Sumber Data Dalam Penelitian Ini Diantaranya Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru, Dan Peserta Didik. Adapun Teknik Dalam Pengumpulan Data Sendiri Yaitu Dengan Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi Secara Langsung Di Madrasah Aliyah Al-Asror Gunungpati Semarang. Penelitian Ini Menggunakan Teknik Analisis Data Diantaranya Reduksi Data, Penyajian Data, Kesimpulan Dan Memverifikasi. Kemudian Dalam Menguji Keabsahan Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Menggunakan Triangulasi Data Diantaranya Yaitu Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik Dan Triangulasi Waktu. Penelitian Ini Memberikan Hasil Kesimpulan Bahwa Konsep Pendidikan Karakter Spiritual Wira’i Yang Dikarang Oleh Syaikh Burhanuddin Az-Zarnuji Lebih Menjaga Tubuh Dan Ucapannya Terhadap Perbuatan Dosa, Maksiat Dan Suatu Perkara Yang Syubhat, Implementasi Yang Dilaksanakan Adanya Kegiatan Harian Yaitu Mengaji Al-Qur’an, Kedisiplinan Berangkat Ke Sekolah, Sholat Dzuhur Berjamaah Kemudian Program Mingguan Membaca Al-barjanzi, Simtudduror Kemudian Kegiatan Bulanan Setiap Jum’at Kliwon Ziarah Kemakam Sesepuh Pondok Kemudian Kegiatan Tahunan Disebut Dengan Sunnah (sowan Ulama’ Ngalap Berkah), Kemudian Dampak Dari Implementasi Tersebut Yaitu Peserta Didik Akan Mempunyai Akhlak Yang Baik, Jujur, Adil, Tidak Berbohong, Disiplin Dan Lebih Bersikap Hati-hati Dalam Bertindak. Terbentuknya Sebuah Kebiasaan Perilaku Yang Baik Dibentuk Dengan Beberapa Program Dan Cara Mengaturnya Seperti Pengajaran, Pembiasaan, Keteladanan, Motivasi Dan Selalu Menegakkan Aturan Yang Sesuai Dengan Prinsip Pendidikan Karakter Religius Wira’i. Secara Mendasar Bisa Disimpulkan Bahwasanya Peserta Didik Terbentuk Karakternya Yang Mempunyai Sikap Nilai-nilai Luhur Dengan Cara Pembiasaan Yang Bisa Mendarah Daging, Menyatu Dalam Hati, Pikiran, Ucapan Dan Perbuatan.
Silahkan login untuk meminjam