Skripsi / Tugas Akhir

A1720062
NOOR YASIN



IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PROGRAM KETERAMPILAN MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN KENDAL


Abstrak - ABSTRAK Noor Yasin, NIM A1720062. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Religius Pada Program Keterampilan Madrasah Aliyah Negeri Di Kabupaten Kendal, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2021 Kata Kunci: Pendidikan Karakter Religius Pendidikan Karakter Religius Yang Dilaksanakan Pada Program Keterampilan Madrasah Aliyah Negeri Di Kabupaten Kendal Bertujuan Untuk Menghasilkan Siswa Yang Berakhlakul Karimah Dan Mempunyai Sikap Mental Kerja Yang Positif (soft Skills), Yang Berguna Bagi Kehidupannya. Permasalahan Penelitian Yang Dibahas Adalah 1) Desain Penguatan Pendidikan Karakter Religius Pada Program Keterampilan Madrasah Aliyah Negeri Di Kabupaten Kendal, 2) Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Religius Pada Program Keterampilan Madrasah Aliyah Negeri Kendal, Dan 3) Alternatif Solusi Dalam Mengoptimalkan Pendidikan Karakter Religius Pada Program Keterampilan Madrasah Aliyah Negeri Di Kabupaten Kendal. Penelitian Ini Merupakan Kualitatif-deskriptif. Sumber Data Dalam Penelitian Ini Adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Instruktur Pada Program Keterampilan Madrasah Aliyah Negeri Kendal, Dunia Usaha / Dunia Industri Tempat Magang Siswa Dan Siswa Program Keterampilan Angkatan Ke-32. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Sedangkan Untuk Menguji Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi Dan Membercheck. Hasil Temuan Penelitian Menunjukkan Bahwa Ada 3 (tiga) Desain Penguatan Pendidikan Karakter Religius Pada Program Keterampilan Di Madrasah Aliyah Negeri Kendal. Pertama, Dengan Pembelajaran Berbasis Kelas, Yaitu Pembelajaran Di Bengkel (workshop) Madrasah. Kedua, Dengan Budaya Madrasah Dan Ketiga Desain Penguatan Pendidikan Karakter Religius Berbasis Masyarakat. Adapun Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Religius Pada Program Keterampilan Di Madrasah Aliyah Negeri Kendal Melalui Proses Pembelajaran Praktik, Bimbingan Atau Pemotivasian Dari Para Instruktur, Pembiasaan (habituasi) Dan Melalui Kegiatan Magang. Selanjutnya Untuk Solusi Dalam Mengoptimalkan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Program Keterampilan Di Madrasah Aliyah Negeri Kendal Adalah, Pertama Dengan Penilaian Sikap Bagi Siswa, Yang Meliputi Penilaian Diri, Penilaian Antar Teman Dan Jurnal, Dan Kedua, Dengan Melakukan Inovasi Kurikulum, Yaitu Dengan Training Soft Skills Dan Kegiatan Pra Magang.
Silahkan login untuk meminjam