Skripsi / Tugas Akhir

19200011026
M. SATRIA INDRA PURNAMA SAKTI



IMPLIKASI BENTUK KEGIATAN DAN SISTEM KERJA KELOMPOK KERJA GURU TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU MI DI KECAMATAN DEMAK


Abstrak - ABSTRAK M. Satria Indra Purnama Sakti, NIM 19200011026, “Implikasi Bentuk Kegiatan Dan Sistem Kerja Kelompok Kerja Guru Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Dan Kualitas Pembelajaran Guru MI Di Kecamatan Demak”, Tesis: Program Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim. Fenomena Kompetensi Guru Dan Kualitas Pembelajaran Guru MI Di Kecamatan Demak Menjadi Satu Permasalahan Tersendiri Dalam Pembelajaran. Dengan Banyaknya Guru Yang Ada Di MI Kecamatan Demak Tersebut Menjadikan Tidak Semua Guru Mempunyai Kompetensi Kualitas Pembelajaran Yang Baik, Sehingga Dibutuhkan Adanya Wadah KKG Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dan Kualitas Pembelajaran Guru. Studi Ini Dimaksudkan Untuk Menjawab Permasalahan Sebagai Berikut: 1).Bagaimana Kompetensi Guru Dan Kualitas Guru MI Di Kecamatan Demak? 2). Bagaimana Bentuk Kegiatan Dan Sistem Kerja Pembentukan KKG Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Dan Kualitas Guru MI Di Kecamatan Demak? 3). Bagaimana Implikasi Bentuk Kegiatan Dan Sistem Kerja KKG Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Dan Kualitas Pembelajaran Guru MI Di Kecamatan Demak? Jenis Penelitian Lapangan Ini Bersifat Kualitatif, Dengan Teknik Pengumpulan Data Melalui Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi, Data Yang Telah Di Dapat Kemudian Dianalisis Melalui Analisis Data Dengan Melalui Tiga Tahapan Yaitu Reduksi, Penyajian Data Dan Verifikasi Atau Kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukkan 1). Kompetensi Guru Dan Kualitas Pembejaran Guru MI Di Kecamatan Demak Secara Khusus Telah Memiliki Kemampuan Mengajar Dengan Baik Yang Dilakukan Dengan Melakukan Perencanaan Pembelajaran Yang Sistematis, Pembelajaran Yang Berbasis Keaktifan Siswa, Menggunakan Metode Dan Media Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Pembelajaran Dan Melakukan Evaluasi Secara Sitematis. Guru MI Juga Telah Menunjukkan Kemampuan Dalam Melaksanakan Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Professional Dan Sosial. 2). Bentuk Kegiatan Dan Sistem Kerja Pembentukan KKG Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Dan Kualitas Guru Dilakukan Dengan Merencanakan Program Yang Tersusun Secara Sistematis, Kemudian Diorganisasikan Dengan Memberikan Job Discribtion Kepada Seluruh Pengurus Dan Anggota Sesuai Dengan Kewajiban, Tanggung Jawab Dan Tugas-tugasnya, Setelah Tersusun Satuan Kerja Dilanjutkan Dengan Menggerakkan Seluruh Sumber Daya Yang Ada Untuk Melaksanakan Tugas Tersebut Dengan Melakukan Pertemuan Rutin Membahas Setiap Program, Mengaplikasikan Program, Tukar Pikiran Setiap Ada Problematika Yang Dihadapi Oleh Anggota, Setelah Melakukan Aplikasi Program Maka Setiap Kerja Program Di Awasi Dan Dan Di Evalusi Pada Setiap Pertemuan Untuk Diketahui Kelebihan Dan Kekurangan Untuk Perbaikan Program Kerja Selanjutnya. 3). Implikasi Bentuk Kegiatan Dan Sistem Kerja KKG Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Dan Kualitas Pembelajaran Guru MI Di Kecamatan Demak Diantaranya: Guru Mampu Mengidentifikasi Kekurangan, Kelemahan, Kesulitan Atau Masalah-masalah Yang Seringkali Dimiliki Atau Dialami, Mampu Menetapkan Program Peningkatan Kemampuan Professional Guru, Mampu Menetapkan Serta Merancang Materi, Metode, Dan Media Yang Akan Diperlukan, Mampu Mengembangkan Instrumen Penilaian, Mampu Mengukur Keberhasilan Program Peningkatan Kompetensi Guru Dan Kualitas Guru MI, Mampu Menetapkan Program Tindak Lanjut Peningkatan Kompetensi Guru Dan Kualitas Guru MI. Kata Kunci : Implikasi, Bentuk, Kegiatan, Sistem Kerja KKG, Kompetensi, Kualitas Pembelajaran, Guru
Silahkan login untuk meminjam