Skripsi / Tugas Akhir

20200011194
UUS MUSYAROFAH



IMPLIKASI HIDDEN CURRICULUM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK DI MAN KENDAL DAN SMK NU 01 KENDAL


Abstrak - Uus Musyarofah, NIM : 20200011194. Implikasi Hidden Curriculum Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik Di MAN Kendal Dan SMK NU 01 Kendal, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2022) Kata Kuci: Hidden Curriculum, Toleransi Permasalahan Penelitian Ini Adalah Sumber Penerapan Hidden Curriculum Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi, Bentuk Penerapan Hidden Curriculum Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Dan Untuk Mendiskripsikan Dan Dampak Dari Pelaksanaan Hidden Curriculum Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik Di MAN Kendal Dan SMK NU 01 Kendal. Metode Penelitian Ini Menggunakan Penelitian Kualitatif. Berdasarkan Pendekatan Penelitian Tersebut, Maka Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Deskriptif Dan Menggunakan Teknik Pengumpulan Data Berupa Pengamatan Terlibat, Wawancara Dan Dokumentasi. Menggunakan Teknik Keabsahan Data Berupa Kredibilitas, Dependabilitas, Konfirmabilitas, Dan Transferabilitas. Data Yang Telah Diperoleh Kemudian Dianalisis Menggunakan Teknik Analisis Data Yaitu Melalui Reduksi Data, Penyajian Data Dan Verifikasi Data. Hasil Penelitian Menunjukan (1) Sumber Hidden Curriculum Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik Yaitu: Memberikan Pemahaman Nilai-nilai Kepada Peserta Didik, Menciptakan Masyarakat Yang Lebih Demokratis Dan Mekanisme Kontrol Sosial. (2) Bentuk Pelaksanaan Hidden Curriculum Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Aspek Struktural Yaitu: Matsama (Masa Ta’aruf Santri), Gerobak (Gerakan Ridho Berinfaq), PKS ( Patroli Keamanan Siswa), Pemilu OSIS, Kunjung Santunan, Diskusi, Dan Patroli Guru Mapel/BK/OSIS. Sedangkan Pada Aspek Budaya Yaitu: Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun), Reward Dan Punishment, Tata Tertib, Edukasi Bullying, Dan Penanaman Adab Ketika Berkendara. (3) Dampak Pelaksanaan Hidden Curriculum Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik Di MAN Kendal Dan SMK NU 01 Kendal Yaitu : Nilai Aqidah, Nilai Sosial Dan Nilai Akhlak Yang Merupakan Bentuk Pengaplikasian Diri Dari Segala Sesuatu Aturan Baik Perintah Atau Larangan Dari Agama Yang Diyakini Oleh Seseorang.
Silahkan login untuk meminjam