Skripsi / Tugas Akhir

20200011025
MOH. KHAMIM



IMPLIKASI KOMPETENSI KEPALA MADRASAH DAN INOVASI PROGRAM TAHFIDZ AL QUR'AN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN LARANGAN BREBES


Abstrak - ABSTRAK Moh, Khamim. NIM. 20200011025, Implikasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dan Inovasi Program Tahfidz Al Qur’an Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Pada Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Larangan Brebes. Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Wahid Hasyim Semarang 2022 Kata Kunci : Kewirausahaan, Tahfidz Al Qur’an , Mutu Pendidikan Islam Kompetensi Kewirausahaan (enterpreunership) Merupakan Salah Satu Dari Sekian Kompetensi Yang Harus Dimiliki Oleh Kepala Sekolah. Kewirausahaan Dalam Dunia Pendidikan Dapat Diimplementasikan Secara Terpadu Dengan Kegiatan-kegiatan Pendidikan Di Madrasah. Permasalahan Penelitian Adalah Bentuk Pelaksanaan Kompetensi Kewirausahan Kepala Sekolah Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Larangan Brebes, Desain Inovasi Program Tahfidz Al Qur’an Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Larangan Brebes Dan Implikasi Pelaksanaan Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dan Inovasi Program Tahfidz Al Qur’an Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kualitatif-deskriptif, Sumber Data Dalam Penelitian Ini Antara Lain Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, Siswa Dan Wali Murid Di Madarsah Ibtidaiyah Kecamatan Larangan Brebes. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Wawancara, Dokumentasi, Pengamatan Dan Observasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Reduksi Data, Penyajian Data, Kesimpulan Dan Verifikasi. Sedangkan Untuk Menguji Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi. Hasil Temuan Menunjukan Bahwa Hasil Dari Bentuk Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Ada Dua, 1) Ketrampilan Kewirausahaan Berupa Unit Usaha Sekolah Seperti Kantin, Koperasi Siswa, Transportasi Antar Jemput Siswa, Tabungan Siswa Dan 2) Kepribadian Kewirausahaan Berupa Percaya Diri, Pantang Menyerah, Berani Mengambil Resiko, Pandai Melihat Peluang (opportunity), Kreatif, Inovatif Dan Bertanggungjawab. Sementara Hasil Dari Desain Inovasi Program Tahfidz Al Qur’an Proses Perencanaan, Waktu Pembelajaran, Tujuan Dan Manfaat, Fasilitas Program Tahfidz Al Qur’an, Materi Hafalan Tahfidz Al Qur’an, Metode Tahfidz Al Qur’an, Proses Pelaksanaan Dan Proses Evaluasi Program Tahfidz Al Qur’an. Sedangkan Hasil Implikasi Terhadap Mutu Pendidikan Islam Ada Tiga Yaitu 1) Penungkatan Sumberdaya Manusia Guru Dan Siswa Berupa Prestasi Akademik Dan Prestasi Non Akademik, 2) Peningkatan Sarana Dan Prasarana Berupa Ruang Belajar Yang Nyaman, Kantin, Koperasi Siswa, Transportasi Antar Jemput Dan Tabungan Siswa, 3) Hubungan Dengan Masyarakat Yang Semakin Harmonis. Dengan Memberikan Kesempatan Seluas-luasnya Untuk Memosisikan Diri, Peran, Serta Partisipasinya Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Secara Utuh.
Silahkan login untuk meminjam