Skripsi / Tugas Akhir

19200011044
AHMAD NUR ISKANDAR



IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN STEM (SAINS, TECNOLOGI, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN DEMAK


Abstrak - ABSTRAK Ahmad Nur Iskandar, “Implikasi Model Pembelajaran Stem (Sains, Tecnologi, Engineering, And Mathematic) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Demak”. Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2022. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, STEM, Motivasi Dan Hasil Belajar Penelitian Ini Dilatar Belakangi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Sudah Memperhatikan Pencapaian Pemahaman Namun Pembelajaran Masih Berpusat Pada Guru Serta Kesadaran Siswa Yang Kurang Dalam Belajar. Hanya Beberapa Siswa Saja Yang Mempunyai Kesadaran Untuk Belajar Sehingga Berdampak Pada Hasil Belajar Siswa Yang Kurang Memuaskan. Dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Yang Semakin Masif Memunculkan Perkembangan Zaman Yang Semakin Mengalami Perubahan. Perlunya Inovasi Pengembangan Model Pembelajaran Khususnya Bagi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Kabupaten Demak Agar Peserta Didik Mampu Terampil, Kreatif Dan Inovatif Serta Mampu Berkompetensi Di Masa Yang Akan Datang. Maka Sangat Perlu Melakukan Pengembangan Model Pembelajaran Yang Berbasis STEM Dengan Di Intregasikan Dengan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapaun Fokus Penelitian Ini Adalah 1) Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas, 2) Desain Model Pembelajaran STEM Dalam Meningkatakan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Demak, 3) Bagaimana Implikasi Model Pembelajaran STEM Dalam Meningkatakan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Demak. Hasil Dari Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa: (1) Dengan Model Pembelajaran STEM Siswa Diajak Untuk Melakukan Pembelajaran Yang Bermakna Dalam Memahami Sebuah Konsep. Siswa Diajak Bereksplorasi Melalui Sebuah Kegiatan Proyek, Sehingga Siswa Terlibat Aktif Dalam Prosesnya. Hal Ini Menumbuhkan Siswa Untuk Berpikir Kritis, Kreatif, Analitis, Dan Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sehingga Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (2) Adapun Desain Model Pembelajaran STEM Dalam Meningkatakan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Demak Adalah Penentuan Tugas, Perancangan Langkah – Langkah Penyelesaian Tugas, Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Tugas, Penyelesaian Tugas Dengan Fasilitas Dan Monitoring, Penyusunan Laporan Dan Presentasi/publikasi Hasil Tugas, Evaluasi Proses Dan Hasil Tugas (3) Sedangkan Implikasi Model Pembelajaran STEM Dalam Meningkatakan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Demak Adalah Siswa Termotivasi Dalam Belajar, Peserta Didik Dapat Memecahkan Masalah Baik Individu Maupun Kelompok, Peserta Didik Dapat Mengembangkan Dan Mempraktikkan Keterampilan Berkomunikasi.
Silahkan login untuk meminjam