Skripsi / Tugas Akhir

20200011018
MUHAMMAD TAUFIK Z.E



IMPLIKASI NILAI-NILAI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM PENGUATAN IBADAH SISWA MA ASSALAFIYAH DESA SITANGGAL KEC. LARANGAN KABUPATEN BREBES


Abstrak - ABSTRAK Muhammad Taufik ZE, NIM. 20200011018: Implikasi Nilai-Nilai Pembelajaran Fiqih Dalam Pengauatn Ibadah Siswa MA Assalafiyah Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Tahun 2022. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Pembelajaran, Fiqih Pesatnya Perkembangan Teknologi Dan Pengetahuan Begitu Mudah Diakses Sehingga Mampu Mengakibatkan Masalah Pada Kehidupan Siswa. Pengamalan Ibadah Semakin Luntur Hingga Siswa Kehilangan Jatidirinya Sebagai Insan Muslim Yang Taat Beribadah. Siswa Mengalami Degradasi Moral, Fenomena Yang Terjadi Sudah Jauh Dari Nilai-nilai Ajaran Al-Qur’an. Oleh Karena Itu Menjadi Kewajiban Sebuah Lembaga Pendidikan Menjadi Wadah Dalam Upaya Penguatan Ibadah Siswa. Pembelajaran Fiqih Menjadi Salah Satu Mata Pelajaran Alternatif Dalam Usaha Menguatkan Ibadah Siswa. Proses Pembelajaran Fiqih Ini Tentunya Mengacu Pada Kurikulum Yang Disusun Oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memahami Dan Menganalisis: (1) Pembelajran Fiqih Bagi Siswa MA Assalafiyah Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes (2) Implikasi Nilai-nilai Pembelajaran Fiqih Dalam Penguatan Ibadah Siswa MA Assalafiyah Sitanggal (3) Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Pembelajaran Fiqih Bagi Siswa MA Assalafiyah Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif. Metode Pengumpulan Data Menggunakan Metode Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Memakai Contoh Analisis Interaktif Miles Serta Huberman Yang Meliputi Empat Komponen Yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Konklusi. Hasil Penelitiannya Adalah Sebagai Berikut: (1) Pembelajaran Fiqih Mencakup Beberapa Unsur Yakni: Keadaan Guru (guru Sebagai Subjek Pembelajaran), Metode Pembelajaran, Bahan Ajar Yang Digunakan, Media Dan Sumber Belajar, Susana Kelas, Dan Yang Terakhir Evaluasi Pembelajaran (2) Implikasi Nilai-nilai Pembelajaran Fiqih Dalam Penguatan Ibadah Siswa MA Assalafiyah Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes Masuk Kategori Berhasil. Ini Berdasarkan Atas Pembuktian Bahwa: A) Siswa Taat Dan Disiplin Melaksanakan Do’a Dan Tadarus Al Quran, B) Taat Dan Disiplin Melaksanakan Shalat Sunah Dan Shalat Wajib, C) Siswa Taat Dan Disiplin Berinfaq/ Shadaqah, D) Siswa Taat Dan Disiplin Melaksanakan Puasa Sunah Dan Wajib, E) Siswa Taat Menunaikan Zakat. (3) Faktor Pendukung Dan Penghambat Guru Fiqih Dalam Penguatan Ibadah Siswa MA Assalafiyah Sitanggal Meliputi (1) Faktor Pendudkung; Dukungan Dari Guru Dan Kepala Sekolah, Sarana Dan Prasarana, Antusias Peserta Didik Dalam Mengikuti Pelajaran, Lingkungan Sekolah. (2) Guru Harus Menguasai Semua Karakter Siswa, Siswa Terlalu Pasif, Siswa Lebih Banyak Memanfaatkan Waktu Istirahat Untuk Bermain, Siswa Malas Untuk Membaca/ Mengahafal Ayat-ayat Al Quran. Selaian Itu Juga Berasal Dari Faktor Internal (faktor Yang Timbul Karena Dalam Diri Siswa) Dan Faktor Eksternal (faktor Yang Timbul Karena Pengaruh Lingkungan; Lingkungan Keluraga, Lingkungan Masyarakat)
Silahkan login untuk meminjam