Skripsi / Tugas Akhir

19200011032
ZENI ALIFTA



IMPLIKASI PELAKSANAAN KEPUTUSAN MENTERI AGAMA NOMOR 183 DAN 184 TAHUN 2019 TERHADAP PERWUJUDAN MADRASAH UNGGUL


Abstrak - ABSTRAK Zeni Alifta, NIM 19200011032, Implikasi Pelaksanaan Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Dan 184 Tahun 2019 Terhadap Perwujudan Madrasah Unggul Di MTs Negeri 1 Grobogan, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2021 Kata Kunci: Madrasah, Kurikulum, Madrasah Unggul Penelitian Ini Dilatar Belakangi Dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Yang Semakin Masif Memunculkan Perkembangan Zaman Yang Semakin Mengalami Perubahan. Perlunya Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Dan Penyiapan Peserta Didik Untuk Memiliki Ketrampilan Diabad 21 Dengan Diimbangi Akhlakul Karimah Dan Mampu Berkompetensi Di Masa Yang Akan Datang. Maka Sangat Perlu Melakukan Pengembangan Kurikulum Yang Berbasis Potensi Lokal Madrasah Dan Potensi Siswa Di Madrasah. Studi Ini Berusaha Untuk Menjawab Persoalan Sebagai Berikut: (1) Bagaimanakah Pelaksanaan Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Dan 184 Tahun 2019 Di MTs Negeri 1 Grobogan? (2) Apa Implikasi Pelaksanaan Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Dan 184 Tahun 2019 Bagi Perwujudan Madrasah Unggul Di MTs Negeri 1 Grobogan? Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kualitatif-deskriptif, Sumber Data Dalam Penelitian Ini Antara Lain Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Dan Guru MTs Negeri 1 Grobogan. Tehnik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Wawancara, Dokumentasi, Dan Observasi. Data Yang Telah Di Dapat Kemudian Dianalisis Melalui Analisis Data Dengan Melalui Empat Tahapan Yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penyimpulan Data. Sedangkan Untuk Menguji Keabsahan Data Menggunakan Tehnik Trianggulasi Dan Members Check. Kesimpulan Dari Penelitian Ini Adalah (1) Pelaksanaan Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Dan 184 Tahun 2019 Di MTs Negeri 1 Grobogan Melalui Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Diabad 21, Dan Evaluasi. (2) Hasil Dari Implikasi Pelaksanaan Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Dan 184 Tahun 2019 Terhadap Perwujudan Madrasah Unggul Di MTs Negeri 1 Grobogan Terletak Pada: A) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yang Terintegrasi; B) Penanaman Nilai-nilai Karakter Peserta Didik Diabad 21; C) Prestasi Peserta Didik Yang Unggul Dalam Setiap Perlombaan Akademik Dan Non Akademik; D) Memiliki Kelas Unggulan Tahfidz, Riset Sains, Bahasa, Dan Olahraga, Dan; E) Hasil Kualitas Lulusan Yang Berprestasi.
Silahkan login untuk meminjam