Skripsi / Tugas Akhir

19200011002
SAKDULLAH



IMPLIKASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA AL WATHONIYYAH SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Abstrak - ABSTRAK Sakdullah, NIM 19200011002. Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Mudzakkir Ali, M.A : Implikasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Al Wathoniyah Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021 : Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS 2021. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Implikasi Pembelajaran, Mapel Fiqih Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menganalisis Konsep Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Al Wathoniyah Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021, Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Al Wathoniyah Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021 Dan Implikasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Al Wathoniyah Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021 Penelitian Ini Termasuk Dalam Penelitian Deskriptif Kualitatif Penelitian Yang Memerlukan Data Berupa Informasi Secara Deskriptif Dengan Teori Yang Dibangun Berdasarkan Data Yang Diperoleh. Dimana Jenis Penelitian Ini Dimasukkan Dalam Kategori Kualitatif Dari Aspek Data Dan Analisisnya. Sumber Data Dalam Penelitian Ini Meliputi Data Primer Yakni Wawancara Dengan Guru Wali Kelas Dan Siswa Dan Data Sekunder Yang Berupa Foto Dan Hasil Observasi Non Partisipan. Teknik Pengumpulan Data Dilakukan Dengan Observasi, Wawancara Dan Dokumenatsi. Hasil Penelitian Ini, Sebagai Berikut: (A) Konsep Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Al Wathoniyah Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021, Yang Diantaranya: (1) Peserta Didik Mencari Tahu Dari Aneka Sumber Belajar. (2) Pembelajaran Yang Menekankan Kebenarannya Multi Dimensi. (3) Pembelajaran Yang Berlangsung Di Rumah, Di Sekolah Dan Di Masyarakat. (4) Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Efisiensi Dan Efektivitas Pembelajaran. (B). Implikasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Al Wathoniyah Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021, Menunjukkan: (1) Pembelajaran Fiqih Secara Daring Menyesuaikan Dengan Kebijakan-kebijakan Dari Pemerintah Mulai Dari Perencanaan Pembelajaran, Materi Dan Waktu Pembelajaran, Media Pembelajaran Menggunakan Google Classroom Dan Grup WA, Metode Pembelajaran Menggunakan Ceramah Dan Tugas, Penilaian. (2) Permasalahan Pembelajaran Fiqih Secara Daring Yang Dihadapi Guru Adalah: Guru Merasa Kesulitan Untuk Mengajar Dikarenakan Siswa Yang Pasif Pada Saat Pembelajaran, Media Pembelajaran Yang Tersedia Kurang Ideal, Proses Pembelajaran Kurang Efektif. Permasalahan Pembelajaran Daring Yang Dihadapi Siswa Adalah: Kendala Sinyal Dan Kuota, Dan Kurangnya Motivasi, Lingkungan Belajar Siswa Kurang Kondusif, Sehingga Pembelajaran Fiqih Secara Daring Kurang Efektif
Silahkan login untuk meminjam