Skripsi / Tugas Akhir

20200011093
FAJAR HAMDAN



IMPLIKASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS SISWA SMA DI KABUPATEN DEMAK


Abstrak - ABSTRAK Nama : Fajar Hamdan NIM : 20200011093 Judul : IMPLIKASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS SISWA DI SMA KABUPATEN DEMAK (SMA PGRI DEMAK, SMA KY AGENG GIRI DAN SMA NEGERI 2 MRANGGEN) Pendidikan Adalah Sebuah Sistem, Sedangkan Pembelajaran Bagian Kecil Dari Sebuah Pendidikan. Kedua Hal Tersebut Adalah Sebuah Kesatuan Yang Tidak Terpisahkan Dan Saling Menguatkan. Kedua-duanya Merupakan Sebuah Upaya Untuk Membentuk Manusia Kamil, Kamil Dalam Arti Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cerdas, Terampil Dan Bertanggung Jawab Terhadap Segala Hal Sesuai Dengan Potensinya Masing-masing. Agar Upaya Pengembangan Kecakapan Hidup (lifes Skills) Peserta Didik Dapat Terarah Sesuai Nilai-nilai Yang Tepat, Maka Disinilah Letak Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Islam Sebagai Pelindung Dari Sebuah Penyelewengan Nilai-nilai Islami. Dalam Hal Ini Pendidikan Life Skills Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sebuah Lembaga Pendidikan Merupakan Hal Yang Urgen Untuk Diterapkan. Sedang Tujuan Penelitian Ini Dalah Untuk Mengetahui Perencanaan, Penerapan, Evaluasi Dan Implikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Life Skills Peserta Didik Di Lembaga Pendidikan Tersebut. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Lapangan Dengan Menggunakan Pendekatan Deskriptif Kualitatif. Seumber Data Yang Digunakan Dipilih Secara Purposive Dan Bersifat Snowball Sampling. Pengumpulan Data Dilakukan Dengan Teknik Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Sedangkan Analisa Data Dilakukan Dengan Cara Analisa Deskriptif. Hasil Penelitian Ini Adalah Pertama, Bahwa Masing-masing Lembaga Pendidikan Tersebut, Telah Merencanakan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Tidak Meninggalkan Unsur Pengembangan Life Skills Yaitu Kecakapan Personal, Kognitif, Akademik Dan Sosial. Kedua, Bahwa Penerapan Dimasing-masing Lembaga Pendidikan Tersebut Memiliki Persamaan Dan Perbedaan. Lembaga Pendidikan Negeri Dan Nasioanl Dalam Penerapannya Lebih Menonjolkan Aspek Kecakapan Kognitif Dan Akademik. Sedangkan Di Lembaga Pendidikan Swasta Tersebut Dalam Penerapannya Lebih Bersifat Komperhensif Dan Holistik, Mencakup Kecakapan Personal, Kognitif, Akademik, Sosial Dan Kejuruan. Ketiga, Bahwa Masing-masing Lembaga Pendidikan Tersebut Telah Melaksanakan Sebuah Evaluasi. Lembaga Pendidikan Negeri Dan Nasional Tersebut Pelaksanaannya Bersifat Parsial, Sedangkan Di Lembaga Pendidikan Swasta Tersbut Dilaksanakan Secara Holistik. Keempat, Bahwa Implikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sangat Berpengrauh Besar Dalam Mengembangkan Life Skills Peserta Didik, Sebab Menekankan Kecakapan Personal Sebagaimana Menjadi Dasar Berkembangnya Aspek Kecakapan Yang Lain. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Life Skills
Silahkan login untuk meminjam