Skripsi / Tugas Akhir

A1710052
RAJEFI AMBAR LESTARI



IMPLIKASI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH DAN AKTIVITAS MENGHAFAL AL QUR'AN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MA AL KHOIRIYAH SEMARANG


Abstrak - ABSTRAK Rajefi Ambar Lestari, NIM:A1710052. Implikasi Pembiasaan Salat Berjama’ah Dan Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Pemahaman Kecerdasan Spiritual Siswa Di Ma Al Khoiriyah Semarang Kata Kunci: Pembiasaan, Kecerdasan Spiritual (SQ) Islam Mempergunakan Kebiasaan Sebagai Salah Satu Teknik Pendidikan. Lalu Mengubah Seluruh Sifat Baik Menjadi Kebiasaan, Sehingga Jiwa Dapat Menunaikan Kebiasaan Tanpa Kesusahan, Dan Tanpa Menemukan Banyak Kesulitan. Pembiasaan Dilakukan Untuk Membiasakan Siswa Bertingkah Laku, Berketrampilan, Bercakap Dengan Baik. Pembiasaan Dilakukan Dengan Tujuan Untuk Mempermudah Peserta Didik Melakukanya, Karena Seseorang Yang Telah Mempunyai Kebiasaan Tertentu Dapat Mudah Melakukannya Dengan Senang Hati. Meningkatkan Pemahaman Kecerdasan Spiritual Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah Dan Aktivitas Menghafal Al Quran. Pembiasaan Sebagai Salah Satu Cara Yang Efektif Untuk Membangun Dan Meningkatkan Pemahaman Keceerdasan Spiritual. Pada Kesempatan Ini Penulis Bermaksud Membahas Tentang (1) Latar Belakang Pelaksanaan Pembiasan Shalat Berjmaah Dan Aktivitas Menghafal Al Quran Di MA Al Khoiriyah Semarang (2) Faktor Pendukung Dan Penghambat Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Pembiasaan Shalat Berjamah Dan Aktivitas Menghafal Al Quran Terhadap Peningkatan Pemahaman Kecerdasan Spiritual Di MA Al-Khoiriyah Semarang. (3) Implikasi Pembiasaan Shalat Berjamaah Dan Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Pemahaman Kecerdasan Spiritual Siswa Di MA Al-Khoiriyah Semarang. Penelitian Ini Adalah Penelitian Lapangan (field Research), Yang Dilakukan Dengan Menggunakan Data Kualitatif. Dalam Praktiknya, Penelitian Ini Menggunkan Tehnik Pengumpulan Data Seperti Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi. Tehnik Analisis Datanya Menggunakan Analisis Deskriptif, Dari Lapangan Yang Sebelumnya Diolah Terlebih Dahulu. Hasil Dari Penelitian Ini Adalah : (1) Latar Belakang Pelaksanaan Pembiasaan Shalat Berjamaah Dan Aktivitas Menghafal Al Quran Di MA Al-Khoiriyah Semarang Yaitu Sholat Berjamaah Dan Tahfid Merupakan Program Unggulan Dari Sekolahan, Jadi Disamping Mempunyai Manfaat Yang Banyak. Diharapkan Dapat Mencetak Dai-dai Muda Yang Berakhlak Mulia Serta Penghafal Al Quran. (2) Faktor Pendukung Dan Penghambat Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Pembiasaan Shalat Berjamah Dan Aktivitas Menghafal Al Quran Terhadap Peningkatan Pemahaman Kecerdasan Spiritual Di MA Al-Khoiriyah Semarang. Factor Pendukungnya Faktor Intelegensi,motivasi, Lingkungan Sekitar, Teman Sebaya Dan Sarana Prasarana Ikut Mendukung, Sehingga Dapat Membentuk Akhlak Yang Baik Atau Akhlakulkarimah Dan Peningkatan Kecerdasan Spiritual. Sedangkan Factor Penghambat Terdiri Dari Kurang Kurangnya Pengawasan Dilingkungan Keluarga, Karena Orang Tua Yang Lepas Pantauan Terhadap Peserta Didik Akan Menyebabkan Peserta Didik Mudah Terpengaruh Dengan Hal Negative. 3) Implikasi Pembiasaan Shalat Berjamaah Dan Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Pemahaman Kecerdasan Spiritual Siswa Di MA Al-Khoiriyah Semarang. Strategi Pembiasaannya Berdampak Kepada Siswa Menjadi Lebih Baik Dan Meningkatkan Pemahaman Kecerdasan Spiritualnya Seperti Bersikap Jujur, Saling Menyayangi Terhadap Sesama, Mudah Memaafkan Jika Ada Kesalahan, Bertutur Kata Yang Baik Dan Sopan Serta Hormat Terhadap Guru. Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa Telah Tampak Dengan Mereka Implementasikan Di Dalam Lingkungan Sekolah, Misalnya Toleransi Terhadap Perbedaan Pendapat, Sabar Dan Tidak Menyalahkan Pendapat Orang Lain Serta Tidak Menganggap Pendapatnya Paling Benar. Adil Tidak Menyakiti Teman. Jujur Serta Pandai Bersyukur.
Silahkan login untuk meminjam