Skripsi / Tugas Akhir

18200011227
M. ABUD ABDAD JANGKI DAUSAT



IMPLIKASI PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM KITAB KUNING DI SMP BUSTANUL ULUM NU JATIROKEH SONGGOM BREBES


Abstrak - Mohamad Abud Abdad Jangki Dausat, NIM. 18200011227: Implikasi Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kurikulum Kitab Kuning Di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh Songgom Brebes Kata Kunci: Peran Manajerial Kepala Sekolah, Kurikulum Kitab Kuning Kepala Sekolah Memegang Peranan Penting Dalam Mengelola Sekolah. Kepala Sekolah Bertanggung Jawab Sepenuhnya Terhadap Berlangsungnya Proses Pembelajaran Di Suatu Sekolah. Seorang Kepala Sekolah Dituntut Untuk Mampu Memberikan Ide-ide Cemerlang, Memprakarsai Pemikiran Yang Baru Di Lingkungan Sekolah Dengan Melakukan Perubahan Maupun Penyesuaian Tujuan, Sasaran Dari Suatu Program Pembelajaran. Sebagai Pemimpin, Seorang Kepala Sekolah Dituntut Untuk Dapat Menjadi Seorang Inovator. Oleh Sebab Itulah Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Sangat Signifikan Sebagai Kunci Keberhasilan Bagi Proses Pembelajaran Yang Berlangsung Di Suatu Sekolah. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memahami Dan Menganalisis: (1) Proses Pelaksanaan Kurikulum Kitab Kuning Di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh (2) Latar Belakang Penerapan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Kurikulum Kitab Kuning Di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh (3) Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kurikulum Kitab Kuning Di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh (4) Implikasi Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kurikulum Kitab Kuning Di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif Jenis Penelitian Lapangan. Metode Pengumpulan Datanya Adalah Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Model Analisis Interaktif Miles Dan Huberman Yang Mencakup Empat Komponen Yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi, Yakni Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Yang Memanfaatkan Sesuatu Yang Lain Dalam Membandingkan Hasil Wawancara Terhadap Objek Penelitian. Temuan Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa: Kepala Sekolah Sudah Melaksanakan Peran Manajerialnya Yang Mencakup Peran Interpersonal Yaitu Kepala Sekolah Telah Melakukan Penyusunan Rencana Kegiatan Sekolah Dan Peran Informasional Yaitu Kepala Sekolah Telah Mensosialisasikan Visi Misi Dan Tujuan Sekolah Dengan Semua Warga Sekolah. Implikasi Pembelajaran Kitab Kuning Sebagai Peningkat Religiusitas Santri Di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh Dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar Kitab Kuning. Pembelajaran Tersebut Memberikan Esensi Secara Berkelanjutan Dalam Peningkatan Intensitas Frekuensi Keimanan Dan Pemahaman Tentang Segala Sesuatu Yang Berhubungan Dengan Ajaran Agama Islam, Karena Pembelajaran Kitab Kuning Banyak Mengupas Tentang Ajaran Agama Islam Secara Detail Kaitannya Dengan Religiusitas Dalam Lima Dimensi Berikut: Dimensi Aqidah; Dimensi Ibadah; Dimensi Amal; Dimensi Ihsan; Dimensi Ilmu.
Silahkan login untuk meminjam