Skripsi / Tugas Akhir

18200011078
Wahyi Munhazim



IMPLIKASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN BREBES


Abstrak - ABSTRAK WAHYI MUNHAZIM NIM 18200011078. “Implikasi Program Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Kabuapaten Brebes” , Semarang :Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS 2021 Kata Kunci : Implikasi , Program Literasi Sekolah, Kedisiplinan Belajar Renndahnya Minat Baca Siswa Merupakan Sebuah Simpul Yang Mengkaitakan Dengan Kualitas Pendidikannya. Pendidikan Yang Telah Diprogramkan Pemerintah Nyatanya Belum Memberikan Implikasi Yang Maksimal Dalam Keberlangsungan Literasi Di Sekolah. Tujuan Penelitian Ini Untuk Mengetahui Bentuk Program Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Kedisplinan Belajar Siswa, Implementasi Program Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Kedisplinan Belajar Siswa,serta Implikasi Program Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Kab Brebes. Metode Yang Digunakan Adaan Kulitatif Penelitian Diarahkan Untuk Mendapatkan Fakta-fakta Yang Berkaitan Tentang Program Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kedidplinan Siswa. Penerapan Pendekatan Kualitatif Dengan Pertimbangan Data Yang Diperoleh Di Lapangan Berupa Data Dalam Bentuk Fakta Yang Perlu Adanya Analisis Secara Mendalam. Fakta-fakta Tersebut Diperoleh Melalui Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi Hasil Penelitian Ini Diketahui Bahwa, 1) Bentuk Bentuk Programliterasi Tersebut Adalah Sarapan Literasi / 15 Menit Literasi Sebelum Pemebelajaran, Literasi Quran, Kunjungan Wajib Ke Perpustakaan Sekolah, Litersi Pemebalajaran. 2).Implementasi Program Literasi Sekolah Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Brebes Merupakan Kegiatan Program Literasi Yang Ada. Bentuk-bentuk Literasi Yanga Telah Dijelaskan Tersebut Kemudian Terangkum Dalam Tiga Tahapan Utama Yaitu.tahap Permbiasaan, Tahap Pengembangan, Dan Tahap Pembelajaran. 3) Implikasi Program Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Adalah Menunjukan Korelasai Terhadap Kedisiplinan Siswa. Hal Ini Terbukti Dengan Kondisi Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Tentang Dampak Positif Yang Dapat Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa. Program Literasi Tahapan Pengembangan Terbukti Dapat Menginternalisasikan Kedisiplinan Belajar. Dari Proses Internalisasi Maka Menunjukan Pada Tahapan Selanjutnya Bahwa Program Literasi Tahap Pengembangan Menstimulus Kedisiplinan Belajar. Program Literasi Tahap Pembelajaran Menumbuhkan Kedisiplinan Belajar Selain Itu Program Literasi Digital Mengaktualisasi Kedidiplinan Belajar.
Silahkan login untuk meminjam