Skripsi / Tugas Akhir

20200011108
ABDUL HALIM



IMPLIKASI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT PADA KURIKULUM MADRASAH ALIYAH BERBASIS PESANTREN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH SYAFI'IYAH PROTO KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN


Abstrak - ABSTRAK Abdul Halim, NIM : 20200011108. Implikasi Program Pengabdian Masyarakat Pada Kurikulum Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2022. Kata Kunci : Program Pengabdian Masyarakat, Kurikulum Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren, Mutu Lulusan. Madrasah Tetap Tidak Meninggalkan Ciri Khasnya Sebagai Lembaga Pendidikan Yang Concern Pada Pendidikan Agama. Untuk Menampung Keinginan Sebagian Masyarakat Yang Menghendaki Pendidikan Keagamaan, Madrasah Melakukan Penguatan-penguatan Program Yang Dapat Diserap Oleh Masyarakat Luas. Madrasah Memiliki Implikasi Pengabdian Masyarakat Pada Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan, Harapan Masyarakat Sangat Besar Terhadap Lulusan Madrasah Saat Ini Yang Mengedepankan Life Skill (kecakapan Hidup). Jenis Penelitian Ini Termasuk Jenis Penelitian Kualitatif Lapangan (field Research). Subjek Penelitian Ini Yakni Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Dan Guru. Sedangkan Objek Penelitiannya Adalah Program Pengabdian Masyarakat Dan Kurikulum Program Keagamaan Berbasis Pesantren Di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Adapun Tempat Peneliti Mengambil Tempat Penelitian Di Madrasah, Yaitu: Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, Atau Yang Lebih Di Kenal Oleh Masyarakat Dengan Sebutan MASS Proto Yang Beralamat Di Desa Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Kesimpulan Dalam Penelitian Yaitu Latar Belakang Program Pengabdian Masyarakat Di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Bahwa Pengabdian Masyarakat Merupakan Tuntutan Dalam Rangka Merespons Kebutuhan Nyata Masyarakat Yang Sarat Dengan Dinamika Dan Permasalahan. Adapun Bentuk Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Meliputi Kegiatan Mengajar Pada Tingkat Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ), Madrasah Diniah (Madin), Dan Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Diwilayah Yag Tersebar Di Kabupaten Pekalongan. Adapun Kegiatan Lainnya Berupa Bakti Sosial Berupa Membersihkan Lingkungan Dan Kreatifitas Hasil Karya.Implementasi Kurikulum Madrasah Aliyah Program Berbasis Pesantren Yang Digunakan Di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Yaitu Mengkolaborasikan Antara Kurikulum Kementerian Agama Dengan Kurikulum Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren. Agar Mutu Lulusan Dapat Tercapai Diperlukan Keunggulan Lokal Dan Global Madrasah Menjadi Acuan Dalam Pengembangan Pendidikan Yang Memuat Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Evaluasi, Dan Standar Sarana Dan Prasarana.
Silahkan login untuk meminjam