Skripsi / Tugas Akhir

19200011004
IMAM MURTASIH



IMPLKEMENTASI PRAKTIK MANDIRI BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH KOTA SEMARANG (STUDI DI MTS FATAHILLAH SEMARANG)


Abstrak - ABSTRAK Penelitian Ini Dilatarbelakangi Pada Kodisi Pandemi Virus Korona. Sektor Pendidikan Dalam Kondisi Darurat Sehingga Kegiatan Pembelajaran Perlu Kesiapan Yang Matang Baik Dari Segi Media Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Maupun Materi Yang Akan Di Sampaikan. Agar Materi Dapat Diterima Oleh Peserta Didik Dengan Maksimal.Selain Pendidik, Keterlibatan Orangtua Juga Sangat Menentukan Keberhasilan Peserta Didik. Penelitian Ini Dilakukan Untuk Menjawab Tiga Permasalahn Pokok Yaitu 1) Tahap Persiapan Praktik Mandiri Berbasis Daring Pada Pembelajaran Fiqih Di MTs Fatahillah, 2) Implementasi Praktik Mandiri Berbasis Daring Pada Pembelajaran Fiqih Di MTs Fatahillah Dan 3) Evaluasi Praktik Mandiri Berbasis Daring Pada Pembelajaran Fiqih Di MTs Fatahillah. Jenis Penelitian Ini Adalah Termasuk Jenis Penelitian Fenomenologis Dan Bersifat Deskriptif Kualitatif. Sumber Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Meliputi Sumber Primer Yakni Hasil Wawancara Dengan Kepala Madrasah Tsanawiyah Fatahillah Semarang, Wakil Bidang Kurikulum, Dan Guru Pengampu Mata Pelajaran Fiqih. Teknik Lain Yang Digunakan Adalah Dengan Wawancara Kepada Beberapa Siswa MTs Fatahillah Yang Melaksanakan Pembelajaran Baik Secara Daring Maupun Luring. Terdapat Juga Sumber Sekunder Yang Berupa Foto-foto Kegiatan Terkait Penelitian Seperti Kegiatan Pembelajaran Daring, Luring, Kegiatan Wawancara, Profil Sekolah, Sarana Prasarana, Visi Misi, Dan Data Guru Dan Karyawan MTs Fatahillah Semarang. Pengumpulan Data Ini Dilakukan Dengan Mengadakan Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi. Hasil Dari Penelitian Ini Menunjukan Bahwa Metode Praktik Mandiri Pada Pembelajaran Fiqih Di Masa Pandemi Diperlukan Untuk Menjadikan Pembelajaran Lebih Maksimal Hasilnya Dan Mudah Dipahami Oleh Peserta Didik.Pada Tahap Persiapan, Praktik Mandiri Memerlukan Berbagai Alat Dan Media Pembelajaran Yang Benar-benar Perlu Disiapkan Secara Matang Dan Maksimal. Pada Tahap Implementasi, Praktik Mandiri Pada Pembelajaran Fiqih Memerlukan Kajian Mendalam Dalam Menyesuaikan Antara Materi Dan Metode Yang Dipakai, Misalnya Hafalan Do’a-do’a Maka Memerlukan Video Conference Atau Video Call Langsung Melalui Aplikasi Group Pertemanan. Pada Tahap Evaluasi, Metode Praktik Mandiri Digunakan Untuk Menilai Dan Mengevaluasi Proses Pelaksanaan Dari Awal Hingga Akhir. Melalui Metode Praktik Mandiri Peran Serta Peserta Didik Dapat Ditingkatkan, Kesadaran Untuk Membuat Cideo Praktik Dan Bekerja Sama Melalui Pembelajaran Daring Dapat Dilihat Antar Peserta Didik Satu Dengan Yang Lain. Secara Garis Besar, Pelaksanaan Pembelajaran Daring Yang Diselingi Luring Di MTs Fatahillah Semarang Dapat Berjalan Dengan Lancar Dan Maksimal Dan Serta Dapat Menjadi Pengganti Pertemuan Tatap Muka, Dengan Guru Memberikan Materi Dan Penugasan Melalui Berbagai Media Daring Yang Ada. Kata Kunci : Virus Korona, Implementasi Praktik Mandiri, Pembelajaran Fiqih
Silahkan login untuk meminjam