Skripsi / Tugas Akhir

19200011012
IZUNNUHA



INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS TAKHASSUS PADA MADRASAH SALAFIYAH IBTIDAIYAH (MSI) KOTA PEKALONGAN


Abstrak - ABSTRAK Izunnuha, Dosen Pembimbing Dr. H. Muh Syaifudin, M.A : Inovasi Pengem-bangan Kurikulum PAI Berbasis Takhassus Di MSI 14 Medono Kota Pekalongan Kata Kunci: Inovasi, Kurikulum, Takhassus Kurikulum Merupakan Salah Satu Komponen Penting Dalam Pendidikan, Karena Dengannya Menjadi Jelaslah Arah Dan Tujuan Lembaga Pendidikan. Sebagai Pengembangan Kurikulum Nasional Dan KTSP, MSI Medono Menerapkan Kurikulum PAI Ber Basis Takhassus Dalam Rangka Menciptakan Peserta Didik Yang Hafal AlQur’an Dan Punya Prestasi Akademik.. Fokus Penelitian Ini Adalah: Inovasi Terhadap Kurikulum PAI Di MSI 14 Medono Kota Pekalongan. Sedangkan, Pertanyaan Pada Penelitian Ini Adalah (1) Bagaimana Bentuk Inovasi Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Takhassus Di MSI 14 Medono Kota Pekalongan? (2) Bagaimana Implikasi Inovasi Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Takhassus Di MSI 14 Medono Kota Pekalongan? (3) Sejauhmana Inovasi Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Takhassus Di MSI 14 Medono Pekalongan Dalam Konteks Pendidikan Nasional? Penelitian Ini Menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif. Orientasi Teoritis Yang Digunakan Bertumpu Pada Pendekatan Studi Fenomenologi Dengan Menggunakan Kajian Multi Situs. Data Dan Sumber Data: (1) Primer: Kepala Sekolah, Guru, Dan Wali Murid; (2) Sekunder: Dokumentasi, Serta Arsip-arsip. Pengumpulan Data Penelitian Ini Dengan Observasi Partisipan, Wawancara Mendalam Serta Teknik Dokumentasi. Pengecekan Data Kembali Dengan Tringulasi, Prosedur Pengungkapan Data Mengenai Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Untuk Analisis Data, Peneliti Mengumpulkan Data Kemudian Reduksi Data, Penyajian Data Selanjutnya Menarik Kesimpulan. Sebagai Berikut : 1. Bentuk Inovasi Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Takhassus Di MSI 14 Medono Kota Pekalongan Meliputi : A). Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Dan Qiro’ati, B). Pembelajaran Fikih Dan Akhlak Salaf, C). Character Building Dan Saint, D). Bahasa Jawa Intensif, Dan D). Discus And Language. 2. Implikasi Inovasi Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Takhassus Di MSI 14 Medono Kota Pekalongan Sebagai Berikut : A). Membaca Surat Pendek Bersama-sama Tiap Hari, B). Pembiasaan Membaca Buku, C). Membuat Taman Baca. D). Menyeleksi Peserta Didik Untuk Persiapan KSM, OSN Maupun Lomba-lomba Mapel Lainya, Setelah Tersaring Siswa Itu Gembleng , E). Mampu Berkomunikasi Dengan Bahasa Jawa ( Kromo Alus). 3.Inovasi Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Takhassus Di MSI 14 Medono Pekalongan Dalam Konteks Pendidikan Nasional Sangat Sesuai Sekali Karena Inovasi Takhassus Ini Mengembangkan Pendidikan Nasional Secara Kondisisonal Artinya Memperhatikan Potensi Daerah Tersebut.
Silahkan login untuk meminjam