Skripsi / Tugas Akhir

20200011030
SUNARTO



INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM PEMBENTUKAN KETAATAN MENJALANKAN SHALAT LIMA WAKTU DI MI WIHDATUSYSYUBBAN 01 LAMARAN DESA SITANGGAL KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES


Abstrak - ABSTRAK Sunarto, NIM. 20200011030: Inovasi Strategi Pembelajaran Fiqih Dalam Pembentukan Ketaatan Menjalankan Sholat Lima Waktu Di MI Wihdatusysyubban 01 Lamaran Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Tahun 2021. Kata Kunci: Inovasi, Strategi Pembelajaran, Ketaatan, Sholat Lima Waktu Strategi Pembelajaran Fiqih Adalah Kegiatan Yang Dipilih Pengajar Dalam Proses Pembelajaran, Sehingga Memperlancar Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Agar Pembelajaran Berlangsung Dengan Baik Perlu Diatur Strateginya. Penggunaan Strategi Sangat Mempengaruhi Proses Pembelajaran Fiqih, Diperlukan Strategi Yang Baik Dan Sesuai Dengan Tujuan Pembelajaran, Akan Tetapi Penggunaan Strategi Yang Tidak Sesuai Dengan Bahan Pelajaran Dapat Menyebabkan Kesulitan Bagi Siswa Dalam Mencerna Pelajaran Yang Telah Disampaikan Oleh Guru Sehingga Tujuan Yang Ingin Dicapai Tidak Sempurna Sebagaimana Yang Diinginkan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memahami Dan Menganalisis: (1) Desain Inovasi Strategi Pembelajaran Fiqih Di MI Wihdatusysyubban 01 Lamaran (2) Langkah-langkah Yang Dilakukan Dalam Pembentukann Ketaatan Siswa Menjalankan Shalat Lima Waktu Di MI Wihdatusysyubban 01 Lamaran (3) Penerapan Inovasi Strategi Pembelajaran Fiqih Di MI Wihdatusysyubban 01 Lamaran. Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif Jenis Penelitian Lapangan. Metode Pengumpulan Datanya Adalah Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Model Analisis Interaktif Miles Dan Huberman Yang Mencakup Empat Komponen Yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi, Yakni Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Yang Memanfaatkan Sesuatu Yang Lain Dalam Membandingkan Hasil Wawancara Terhadap Objek Penelitian. Temuan Penelitian Menunjukkan Bahwa: (1) Desain Inovasi Strategi Pembelajaran Fiqih Di MI Wihdatusysyubban 01 Lamaran. Inovasi Strategi Yang Digunakan Guru Fikih Dalam Memotivasi Shalat Berjamaah Antara Lain Dengan Menggunakan Metode Ceramah, Demonstrasi, Latihan, Nasihat Dan Hukuman/sanksi. Dengan Upaya Pembinaan Yang Sungguh-sungguh Dari Guru Dan Orang Tua, Peserta Didik Akan Mampu Mengarahkan Dirinya Untuk Meningkatkan Motivasi Ibadah Shalat Berjamaah. (2) Langkah-langkah Yang Dilakukan Dalam Pembentukann Ketaatan Siswa Menjalankan Shalat Lima Waktu Dengan Pemberian Bimbingan Sangat Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Siswa Dalam Meningkatkan Ibadah Shalat Lima Waktu. Melalui Bimbingan, Siswa Yang Mengalami Kesulitan Dalam Tata Cara Gerakan Dan Bacaan Al-Qur’an Akan Terbantu Dengan Adanya Bimbingan Yang Diberikan Oleh Guru Fikih. (3) Penerapan Inovasi Strategi Pembelajaran Fiqih Dengan Menerapkan Dua Fokus Penelitian Yaitu Bagaimana Kriteria Pemilihan Bahan Pelajaran Dan Strategi Pembelajaran Dan Langkah-langkah Yang Diterapkan Dalamm Strategi Pembelajaran Fikih Dalam Rangka Pembentukan Ketaatan Menjalankan Shalat Lima Waktu Di MI Wihdatusysyubban 01 Lamaran.
Silahkan login untuk meminjam