Skripsi / Tugas Akhir

19200011093
SUTOPO



INTERNALISASI NILAI KARAKTER ISLAM DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 PURWODADI


Abstrak - ABSTRAK Sutopo, NIM;19200011093, Judul “Internalisasi Nilai Karakter Islam Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Beragama Pada Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Purwodadi”Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim Semarang. Jumlah Halaman 150. Tujuan Penelitina Ini Adalah 1) Untuk Menganalisis Dan Mendeskripsikan Proses Internalisasi Nilai Karakter Islam Di SMK Negeri 1 Purwodadi, 2) Untuk Menganalisis Dan Mendeskripsikan Faktor Pendukung Dan Penghambat Proses Internalisasi Nilai Karakter Islam Di SMK Negeri 1 Purwodadi, 3) Untuk Menganalisis Dan Mendeskripsikan Implikasi Internalisasi Nilai Karakter Islam Terhadap Kehidupan Berbangsa Dan Beragama Pada Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Purwodadi. Metode Penelitian Ini Adalah Dengan Pendekatan Kualitatif, Sedang Sifat Penelitian Adalah Deskriptif, Analisis Deduktif Merupakan Bagian Dari Metode Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini. Analisis Deduktif Merupakan Penarikan Kesimpulan Yang Berdasarkan Atas Data-data Yang Khusus Kemudian Digeneralisasikan Pada Hal-hal Yang Bersifat Umum, Metode Penggalian Data Menggunakan Metode Wawancara. Hasil Penelitian Ini Bahwa: Pertama. Internalisasi Nilai Karakter Islam Di SMK Negeri 1 Purwodadi Dilaksanakan Dalam Bentuk Kegiatan Kegiatan Seperti Program Imtaq, Pembacaan Ayat Al-Qur’an, Program Membaca Shalawat, Program Ceramah. Program Infaq Dan Kegiatan Shalat Berjamaah Dan Intergrasi Dengan Mata Pelajaran. Program-program Kegiatan Tersebut Dimaksudkan Untuk Menanamakan Nilai Agama Islam Sebagai Bentuk Internalisasi Dalam Diri Siswa Yang Terpadu Dan Berkelanjutan. Kedua Faktor Pendukung Proses Internalisasi Nilai Islam Di SMK Negeri 1 Purwodadi Meliputi 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah, 2) Sumberdaya Manusia Yaitu Guru Dan Siswa, 3) Dukugan Orang Tua Siswa. Adapun Fakfor Penghambatnya Adalah 1) Keterbatasan Angaran Dana, 2) Keterbatasan Waktu Selama Di Sekolah 3) Pengaruh Lingkungan Perkotaan. Faktor Pendukung Terus Diupayakan Daya Dukungnya Secara Maksimal Dan Faktor Penghambat Terus Dilakukan Solusi Pemecahannya. Ketiga Internalisasi Nilai Karakter Islam Berimplikasi Terhadap Kehidupan Berbangsa Dan Beragama Pada Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Purwodadi Hal Ini Dapat Dilihat Dari Perubahan Perilaku Sikap Dan Ketaatan Siswa Terhadap Tatatertib Sekolah, Implikasi Dalam Kehidupan Berbangsa Anak Menjadi Lebih Mematuhi Tatatertib, Sadar Akan Pentingnya Kebersamaan Dalam Perbedaan, Dan Adanya Kesadaran Cinta Tanah Air. Adapun Kesadaran Beragama Siswa Menjadi Lebih Taat Dengan Perintah Agama Seperti Shalat Berjamaah Yang Diikuti Secara Terus Menerus Selama Di Sekolah. Serta Kegiatan Keagamaan Yang Lain. Selain Itu Implikasinya Anak Lebih Aktif Belajar, Termotivasi Untuk Berprestasi Baik Secara Akademik Maupun Non Akademik. Kata Kunci: Internalisasi Nilai Islam, Kehidupan Berbangsa Dan Beragama.
Silahkan login untuk meminjam