Skripsi / Tugas Akhir

19200011100
MOH. ALVIN SENA BUDIKUSUMA



INTERNALISASI NILAI KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN HOLISTIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ABILITY GROUPING DALAM KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN BUDAYA KERJA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI DI KABUPATEN DEMAK


Abstrak - ABSTRAK Moh. Alvin Sena Budikusuma, 19200011100 “Internalisasi Nilai Karakter Melalui Pendidikan Holistik Dengan Model Pembelajaran Ability Grouping Dalam Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Budaya Kerja (P5BK) Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Demak, Semarang:Program Magister Pendidikan Islam UNWAHAS Tahun 2022 Kata Kunci : Internalisasi, Karakter Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Holistik, Ability Grouping, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Budaya Kerja) Penelitian Ini Dilaksanakan Atas Alasan Sebagai Bentuk Bahan Refleksi Dan Referensi Pencegahan Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik. Penelitian Ini Bertujuan Untuk; 1) Untuk Mendeskripsikan Dan Menganalisis Desain Internalisasi Nilai Karakter Melalui Pendidikan Holistik Dengan Model Pembelajaran Ability Grouping Dalam Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Budaya Kerja (P5BK) Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Pada SMK Di Demak. 2) Untuk Mendeskripsikan Dan Menganalisis Proses Pelaksanaan Internalisasi Nilai Karakter Melalui Pendidikan Holistik Dengan Model Pembelajaran Ability Grouping Dalam Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Budaya Kerja (P5BK) Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Pada SMK Di Demak. 3) Untuk Mendeskripsikan Dan Menganalisi Kekuatan, Kelemahan, Peluang Dan Ancaman Dengan Metode SWOT Pada Proses Internalisasi Nilai Karakter Melalui Pendidikan Holistik Dengan Model Pembelajaran Ability Grouping Dalam Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Budaya Kerja (P5BK) Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Pada SMK Di Demak. Penelitian Ini Menggunakan Jenis Penelitian Kualitatif Dengan Jenis Penelitian Pendekatan Kualitatif Dengan Jenis Penelitian Stadi Kasus. Kemudian, Jenis Stadi Kasus. Penelitian Dilaksanakan Di SMK Negeri 1 Sayung Dengan Subjek Penelitian Ini Yaitu Kepala Sekolah, Pengajar/fasilitator P5BK Dan Siswa-siswi. Instrument Atau Alat Dalam Penelitian Ini Adalah Peneliti Itu Sendiri. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini, Menggunakan Beberapa Teknik Yaitu Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Uji Keabsahan Data Dalam Penelitian Ini Menggunakan Uji Kredibilitas, Triangulasi Panjang Pengamatan, Peningkatan Ketekunan Dan Member Check. Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Peneliti Menggunakan Analisi SWOT, Dengan Analisis Tersebut Dapat Membangun Metodologi Baru Yang Sesuai Dengan Kekuatan Institusi, Menghilangkan Kelemahan Untuk Mendapat Peluang Baru, Menggunakan Kekuatan Internal Untuk Bertahan Dari Ancaman Dan Membuat Strategi Untuk Menghindari Kelemahan. Berdasarkan Hasil Penelitian, Dapat Disimpulkan Bahwa: 1) Desain Merupakan Bentuk Perumusan Mulai Dari Pola Rancangan Yang Menjadi Dasar Pembuatan Suatu Projek, Juga Termasuk Berbagai Macam Pertimbangan Di Dalamnya. P5BK Didesain Untuk Menginternalisasikan 6 Karakter Pelajar Pancasila. SMK Negeri 1 Sayung Mendesain Internalisasi Nilai Karakter Profil Pelajar Pancasila Dengan Enam Tahap Muali Merancang Alokasi Waktu Dan Dimensi Profil Pelajar Pancasila, Membentuk Tim Fasilitasi Projek, Identifikasi Tingkat Kesiapan Satuan Pendidikan, Pemilihan Tema Umum, Penentuan Topik Spesifik Sampai Dengan Merancang Modul Projek. 2) Proses Internalisasi Nilai Karakter Melalui Pendidikan Holistik Dengan Model Pembelajaran Ability Grouping Dalam Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Budaya Kerja (P5BK) Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Merupakan Kegiatan Intra Kurikuler Berupa Pembelajaran Berbasis Projek. Pelaksanaan Internalisasi Menggunakan Tahap Tiga Tahap Internalisasi Yaitu Transformasi Nilai Atau Dalam Konsep Pendidikan Islam Ta’lim Kemudian Transaksi Nilai Atau Atau Dalam Konsep Pendidikan Islam Tarbiyah Dan Yang Terakhir Dengan Transinternalisasi Nilai Atau Dalam Konsep Pendidikan Islam Disebut Ta’dib. 3) Analisis Tentang Kekuatan (strengths) Dan Kelemahan (weaknessess) Internal, Serta Peluang (opportunities) Dan Ancaman (threats) Eksternal, Dilakukan Dengan Memperhatikan Rumus Link And Match (8+i) Sehingga Mendapatkan Hasil Matriks SWOT Yang Maksimal Dan Mencakup Semua Komponen Pendidikan.
Silahkan login untuk meminjam