Skripsi / Tugas Akhir

20200011074
NUR KHAPIPUDIN



INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG


Abstrak - ABSTRAK Nur Khapipudin, NIM 20200011074, “Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Untuk Pembentukan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Di Kota Semarang (Studi Kasus Di SDN Kuningan 02, SD Bakti Pratiwi Dan SD Islam Sultan Agung 02)”, Semarang: Program Pascasagana UNWAHAS Tahun 2022. Kata Kunci : Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam, Kecerdasan Emosional, Karakter Religius. Pendidikan Agama Islam Yang Mengarah Pada Pembentukan Akhlak Menjadi Perhatian Serius Untuk Dipelajari. Dalam Pendidikan Agama Islam, Perlu Dicapai Pengembangan Karakter Siswa Yang Lebih Baik. Moralitas Atau Akhlak Berarti Baik Atau Buruk, Tergantung Pada Nilai Apa Yang Mendasarinya. Namun, Pendidikan Kita Saat Ini Dikritik Masyarakat Karena Banyak Siswa Dan Lulusan Tidak Menunjukkan Sikap Yang Baik Dan Banyak Siswa Terlibat Dalam Tawuran, Kejahatan, Perampokan, Penyimpangan Seksual, Dan Lain-lain. Pada Umumnya Sekolah Dasar Di Semarang Sepenuhnya Menggali Dan Mengembangkan Potensi Dasar Anak. Pada Tataran Pelaksanaan, Setiap Kegiatan Pembelajaran Dilaksanakan Dalam Kondisi Yang Nyaman, Mengintegrasikan Nilai-nilai Kehidupan Beragama Dan Membentuk Peserta Didik Sesuai Dengan Tujuan Pendidikan Yang Diharapkan. Penelitian Ini Dimaksudkan Untuk Menjawab Permasalahan Sebagai Berikut: Apa Saja Nilai-nilai Pendidikan Islam Yang Diinternalisasikan, Bagaimana Implementasinya Dan Strategi Apa Yang Digunakan Untuk Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Untuk Pembentukan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Di Kota Semarang. Sedangkan Jenis Penelitian Lapangan Ini Bersifat Kualitatif, Dengan Teknik Pengumpulan Data Melalui Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi, Data Yang Telah Di Dapat Kemudian Dianalisis Melalui Analisis Data Dengan Melalui Tiga Tahapan Yaitu Reduksi, Penyajian Data Dan Verifikasi Atau Kesimpulan. Kesimpulan Dari Penelitian Adalah 1) Nilai-nilai Pendidikan Islam Yang Diinternalisasikan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Untuk Pembentukan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Di SDN Kuningan 02, SD Bakti Pratiwi Dan SD Islam Sultan Agung 02 Antara Lain Meliputi Aspek Akidah, Syariah Dan Akhlak Yang Antara Lain: Aspek Akidah (religius, Disiplin Dan Tanggung Jawab), Aspek Syariah (kreatif, Gemar Membaca, Cinta Tanah Air Dan Cinta Damai) Dan Aspek Akhlak (jujur Dan Rasa Ingin Tahu), 2) Implementasinya Lebih Banyak Dilakukan Melalui Kegiatan-kegiatan Keagamaan, Antara Lain, Kegiatan Bersalaman, Jum’at Amal, Lalaran Tamyiz, Sholat Duha Dan Sholat Dhuhur Berjamaah, Pesantren Kilat, Nuzulul Quran, Zakat Fitrah Serta Kegiatan Jum’at Bersih Dan Sabtu Bersih, Dan 3) Strategi Yang Dilakukan Yaitu Dengan 4 Strategi Atau Metode, Antara Lain (a) Metode Uswatun Hasanah, (b) Metode Pembiasaan, (c) Metode Penghargaan Dan Sangsi, (d) Metode Cerita.
Silahkan login untuk meminjam