Skripsi / Tugas Akhir

20200011088
M. SYARIF HIDAYAT



KARAKTERISTIK PEMIKIRAN SYAIKH HAJI AHMAD RIFA’I TENTANG PEMBELAJARAN DALAM KITAB SYARIHUL IMAN DAN IMPLEMENTASINYA DI PONDOK PESANTREN NURUL ULUM PATI SERTA RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL


Abstrak - ABSTRAK M. Syarif Hidayat, NIM 20200011088. Karakteristik Pemikiran Syaikh Haji Ahmad Rifai Tentang Pembelajaran Dalam Kitab Syarihul Iman Dan Implementasinya Di PP. Nurul Ulum Pati Serta Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Semarang: Program Magister UNWAHAS Tahun 2022. Kata Kunci : Pembelajaran, Syaikh Haji Ahmad Rifai, Tujuan Pendidikan Nasional. Fokus Penelitian Ini Adalah Karakteristik Pemikiran Syaikh Haji Ahmad Rifai Tentang Pembelajaran Di Kitab Syarihul Iman, Implementasinya Di PP. Nurul Ulum Pati Serta Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Pembelajaran Adalah Hal Penting Karena Untuk Membantu Proses Belajar Murid Agar Memperoleh Hasil Maksimal. Kesuksesan Pembelajaran Berkaitan Dengan Pendidik, Peserta Didik, Dan Metode Belajar Yang Digunakan Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengatahui Pemikiran Syaikh Haji Ahamd Rifai Tentang Pembelajaran Dalam Kitab Syarihul, Pelakasanaan Pembelajaran Di PP. Nurul Ulum Pati Yang Mengajarkan Kitab-kitab Syaikh Haji Ahmad Rifai Dan Relevansi Pemikiran Syaikh Haji Ahmad Rifai Tentang Pembelajaran Dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Penelitian Ini Adalah Penelitian Studi Tokoh Dan Penelitian Lapangan Menggunakan Pendekatan Analisis Isi Kualitatif Deskripftif Dan Interpretasi Yang Merujuk Pada Analisis Teks, Dokumen Dan Bahan Ajar. Penelitian Ini Juga Menggunakan Metode Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi.pengecekan Keabsahan Data Menggunakan Triangulasi, Pengecekan Sejawat Dan Kecukupan Referensi. Hasil Penelitian Menunjukan Kesimpulan : (1) Karakteristik Pemikiran Syaikh Haji Ahmad Rifai Dalam Kitab Syarihul Iman Yaitu : Tujuan Pembelajaran Untuk Mendapatkan Ridha Allah Dengan Memahami Ilmu Agama, Metode Pembelajaran: Mudarosah, Mutholaah, Mudzakarah, Mubahasah, Mukhafazhoh Dan Murojaah, Kualifikasi Guru: Islam, Dewasa, Berakal, Bisa Mengajar, Berilmu, Bermoral Atau Berintegritas. Dalam Kelulusan Seorang Murid Harus Menguasai 10 Kitab / 10 Bismillah. (2) Pelaksanaan Pembelajaran Di PP. Nurul Ulum Pati Adalah : Tujuan Pembelajaran Adalah Mencapai Ridha Allah, Berilmu, Bermanfaat; Kualifiasi Guru Adalah Islam, Berakal, Dewasa, Bisa Mengajar, Berilmu, Bermoral; Metode Pembelajaran Yaitu Ngaji Abang Ireng, Ngaji Lafal Makno, Lalaran, Hafalan, Dan Praktik; Kelulusan Seorang Santri Harus Menyelesaikan 10 Kitab Syaikh Haji Ahmad Rifa’I. PP Nurul Ulum Pati Sebagai Pesantren Yang Mengajarkan Ajaran Syaikh Haji Ahmad Rifai Berusaha Menjalankan Sesuai Ajaran Beliau, Meski Ada Beberapa Yang Belum Terlaksana. (3) Relevansi Pemikiran Syaikh Haji Ahmad Rifa’I Dengan Tujuan Pendidikan Nasional Terdapat Kesamaan Orientasi Yaitu Mewujudkan Peserta Didik Yang Beriman, Bertaqwa, Berilmu, Berakhlak Mulia Dan Cinta Tanah Air.
Silahkan login untuk meminjam