Skripsi / Tugas Akhir

19200011053
RUBA'I



KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MADRASAH ALIYAH DI KOTA SEMARANG


Abstrak - Pendidikan Memang Menjadi Sesuatu Hal Yang Amat Penting, Karena Di Dalamnya Terdiri Atas Penanaman Karakter Melalui Upaya Internalisasi Dalam Pembelajaran, Meski Di Tengah Pandemi Covid-19. Untuk Itulah Peneliti Tertarik Untuk Melakukan Penelitian Di Madrasah Di Kota Semarang Dengan Rumusan Masalah: Bagaimana Konsep Kepemimpinan Dalam Islam, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kendala Serta Solusi Atas Problem Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Semarang? Penelitian Ini Adalah Penelitian Lapangan (field Risearch), Dengan Jenis Penelitian Kualitatif. Dengan Pendekatan Deskriptif, Penelitian Ini Menggunakan Teknik Pengumpulan Data Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi. Adapun Teknik Analisisnya Menggunakan Analisis Deskriptif-analisis. Berdasarkan Analisis Dan Pembahasan, Penelitian Ini Menghasilkan Beberapa Temuan Penelitian, Pertama; Kepemimpinan Dalam Islam Dipahami Sebagai Kemampuan Pemimpin Untuk Membina Hubungan Baik, Komunikasi Dan Interaksi Dengan Para Bawahan Dan Seluruh Elemen Dalam Suatu Organisasi. Kedua; Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Semarang Antara Lain Tipe Kepemimpinan Demokratis, Yang Meliputi Sikap Partisipatif Dan Musyawarah; Dan Tipe Kepemimpinan Paternalis-transformasional, Yakni Tipe Pemimpin Kebapakan, Tingginya Rasa Sayang Terhadap Bawahan, Namun Justru Banyak Memberikan Kesempatan Kepada Para Bawahan, Mendorong Dan Mendukung Mereka Untuk Lebih Berkreasi-berinovatif. Ketiga; Kendala Kepala Madrasah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Semarang, Yakni (1) Kendala Keterbatasan Perangkat Pembelajaran Online Siswa, (2) Rendahnya Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran, (3) Penyerapan Materi Ajar Yang Hanya 50%, Yakni Akibat Ketidak- Efektifan Pembelajaran Dengan Sistem Online/ Daring. Keempat; Solusi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Semarang, Yakni (1) Melakukan Kegiatan Monitoring, Pembinaan Dan Evaluasi-evaluasi Di Madrasah, (2) Menjalin Komunikasi Dengan Orang Tua Siswa, , (3) Melaksanakan Pengembangan Program Unggulan Madrasah.
Silahkan login untuk meminjam