Skripsi / Tugas Akhir

20200011117
SUMIYATI



KONSEP BUDAYA RELIGIUS PRESPEKTIF KH. AHMAD MUSTOFA BISRI DAN KH. AGUS SUNYOTO DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS MA'ARIF NU 4 SONGGOM


Abstrak - Kata Kunci: Budaya Religius, KH Ahmad Mustofa Bisri, KH Agus Sunyoto, Mutu Pendidikan Keberadaan Budaya Religius Di Sekolah Yang Baik Sangat Mendukung Dan Menunjang Keberhasilan Dari Program Pendidikan Agama Bagi Siswa. Namun Sebaliknya Budaya Negatif Akan Sangat Menghambat Pelaksanaan Pendidikan Agama Di Sekolah. Hal Ini Menunjukkan Bahwa Budaya Religius Di Sekolah Mempunyai Pengaruh Besar Terhadap Proses Implementasi Pendidikan Agama Islam. Dapat Dimaknai Bahwa Pendidikan Religius Juga Memiliki Peranan Untuk Menjadi Bagian Dalam Pembentukan Budaya Sekolah Yang Positif Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memahami Dan Menganalisis: (1) Konsep Budaya Religius Perspektif KH. Ahmad Mustofa Bisri Dan KH. Agus Sunyoto Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Menurut Warga MTs Ma‟arif NU 4 Songgom (2) Implementasi Konsep Budaya Religius Perspektif KH. Ahmad Mustofa Bisri Dan KH. Agus Sunyoto Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di MTs Ma‟arif NU 4 Songgom (3) Implikasi Konsep Budaya Religius Perspektif KH. Ahmad Mustofa Bisri Dan KH. Agus Sunyoto Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di MTs Ma‟arif NU 4 Songgom. Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif Jenis Penelitian Lapangan. Metode Pengumpulan Datanya Adalah Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Model Analisis Interaktif Miles Dan Huberman Yang Mencakup Empat Komponen Yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi, Yakni Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Yang Memanfaatkan Sesuatu Yang Lain Dalam Membandingkan Hasil Wawancara Terhadap Objek Penelitian. Temuan Penelitian Menunjukkan Bahwa: Implementasi Konsep Budaya Religius Perspektif KH. Ahmad Mustofa Bisri Dan KH. Agus Sunyoto Di MTs Ma‟arif NU 4 Songgom Diwujudkan Melalui Nilai-nilai Religius Islami Yang Meliputi: Nilai Barokah, Nilai Ketaatan, Kesopanan, Dan Nilai Kedisiplinan. Kemudian Diwujudkan Dengan Adanya Kegiatan-kegiatan Islami Yang Meliputi Kegiatan Harian, Mingguan, Bulanan, Dan Tahunan. Implikasinya Terlihat Dalam Tiga Aspek Yaitu: (1) Sikap Spiritual Yang Ditunjukan Siswa Melalui Nilai Dan Aktivitas Yang Dilakukan; (2) Sikap Social Melalui Sikap Saling Menghargai Dan Memiliki Kepedulian Antar Sesama; (3) Pengetahuan Siswa Dengan Diwujudkan Pembekalan Ilmu Agama Dan Umum Yang Seimbang
Silahkan login untuk meminjam