Skripsi / Tugas Akhir

20200011090
ANI ANDRIYANI



MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK BERBASIS ISLAMIC LEADHERSHIP DAN KNOWLEDGE DONATING GURU PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN SEMARANG


Abstrak - ABSTRAK Ani Andriyani, NIM 20200011090. Membangun Karakter Peserta Didik Berbasis Islamic Leadership Dan Knowledge Donating Guru Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Kabupaten Semarang Kata Kunci : Membangun Karakter, Islamic Leadership, Knowledge Donating Zaman Modern Ini Ditemukan Pengikisan Karakter Yang Terjadi Di Indonesia, Hilang Nya Rasa Empati, Tanggung Jawab, Kedisiplinan Baik Bersosial Maupun Beribadah. Lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Wonoyoso, Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Dan Madrasah Ibtidaiyah Al Mustajab Terdapat Kawasan Perindustrian Yang Munculnya Masyarakat Urban Yang Membawa Pengaruh Bagi Karakter Peserta Didik. Kepemimpinan Islam Merupakan Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Pembangunan Karakter Bagi Peserta Didik. Kepemimpinan Yang Tepat Dan Pemberian Knowledge Donating Dari Seorang Guru, Maka Akan Terwujud Karakter Yang Ditujukkan Oleh Peserta Didik Dalam Kehidupan Sehari-hari Dapat Terbangun. Jenis Penelitian Menggunakan Pendekatan Kualitatif Lapangan (field Research). Penelitian Kualitatif Lapangan Memahami Fenomena Secara Langsung Di Lapangan Tentang Apa Yang Dialami Oleh Subjek Penelitian Secara Holistic Dan Dengan Cara Deskriptif Dalam Bentuk Kata-kata Dan Frasa Pada Suatu Konteks Khusus Alamiah. Subjek Penelitian Ini Yakni Kepala Madrasah, Guru, Peserta Didik Dan Masyarakat Sekitar. Sedangkan Objek Penelitian Ini Adalah MI Wonoyoso, MI Al Huda, Dan MI Al Mustajab Kabupaten Semarang Yang Notabene Terdapat Kawasan Industri Yang Membawa Pengaruh Terhadap Karakter Peserta Didik Karena Banyak Urban Yang Masuk Dikawasannya. Kemampuan Islamic Leadership Guru Supaya Peserta Didik Melaksanakan Ibadah Salat Dengan Kesadaran Sendiri Melalui Buku Kendali Menanamkan Karakter Religius Bagi Peserta Didik. Kemampuan Guru Sebagai Pembimbing Harus Dipentingkan, Karena Kehadiran Guru Di Sekolah Adalah Untuk Membimbing Peserta Didik Menjadi Cakap, Terampil, Berbudi Pekerti Luhur Dan Berakhlak Mulia. Menyampaikan Materi Yang Belum Difahami Oleh Peserta Didik Adalah Salah Satu Tugas Utama Guru Dengan Memberikan Pengertian Dan Contoh-contoh Nya Yang Dekat Dengan Dunia Anak, Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Islamic Leadership Mendukung Secara Signifikan Terhadap Karakter Peserta Didik, Artinya Semakin Baik Kepemimpinan (Islam) Akan Mampu Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Knowledge Donating Akan Mampu Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Guru Yang Mau Berbagi Pengetahuan Yang Mencakup Berbagi Pengetahuan Baru, Berbagi Informasi Baru Tentang Pengalaman Membuat Peserta Didik Untuk Terus Menjadi Insan Yang Berkualitas Secara Kelimuan Maupun Penerapan Dalam Kehidupan Sehari-hari.
Silahkan login untuk meminjam