Skripsi / Tugas Akhir

18200011222
SURATNO



MODEL PEMBELAJARAN SEKOLAH TERPADU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDIT MUSLIMAT NU DAN SDIT NURUL HIDAYAH BREBED


Abstrak - SURATNO NIM 18200011222 Model Pembelajaran Sekolah Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDIT Muslimat NU Kluwut Dan SDIT Nurul Hidayah Brebes Key Word : Model, Sekolah Terpadu, Mutu Kehadiran Sekolah Islam Terpadu Dengan Kurikulum Integrasinya Merupakan Fenomena Baru Bentuk Sistem Pendidikan Islam Di Indonesia. Beberapa Lembaga Pendidikan Banyak Yang Ikut Melaksanakan Penerapan Sekolah Terpadu Diantaranya SDIT Muslimat NU Kluwut Dan SDIT Nurul Hidayah Brebes Meskipun Keduanya Dalam Penerapan Makna Sekolah Terpadu Memiliki Pengertian Masing-masing. Penerapan Model Sekolah Terpadu Berangkat Dari Dikotomi Ilmu Umum Dan Ilmu Agama Maka Muncul Ide Keluar Dari Sistem Yang Ada Dengan Gagasan Sekolah Islam Terpadu. Penelitian Ini Di Fokuskan Dalam Rangka Mengungkap Bagaimana Kehadiran Sekolah Islam Terpadu Dalam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Penelitian Ini Bersifat Kualitatif Dengan Pendekatan Diskriptif. Hasil Dari Penelitian Ini Diharapkan Bermanfaat Bagi Siapa Saja Yang Ingin Mengetahui Kehadiran Sekolah Islam Terpadu Dalam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Penelitian Ini Menemukan Bahwa Kehadiran Sekolah Islam Terpadu, Dengan Segala Macam Ragamnya, Dalam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Ini Diprakarsai Para Aktifis Pergerakan Islam Yang Gelisah Akan Hasil Lulusan Sekolah Di Indonesia. Dimana Hasil Lulusannya Tidak Memiliki Daya Tahan Yang Kokoh Terhadap Arus Dan Virus Globalisasi, Disebabkan Sistem Pendidikan Sekolah Di Indonesia Bersifat Dikotomik, Mengusai Ilmu-ilmu Duniawi Tapi Tidak Memiliki Semangat Keagamaan Yang Kuat, Rentan Dengan Pengaruh Virus Globalisasi, Jauh Dari Nilai-nilai Islami. Kondisi Ini Dirasakan Kurang Baik Bagi Masa Depan Generasi Muslim Indonesia. Maka, Alternatif Dan Solusinya Perlu Melakukan Rekonstruksi Ulang Sistem Pendidikan Yang Ada Dengan Menggunakan Sistem Pendidikan Islam Terpadu. Meskipun Demikian, Konsep Terpadu Ini Sudah Ada Sebelumnya. Jauh Sebelum Gagasan Sekolah Islam Dengan Slogan Terpadu Ini Muncul Sudah Ada Adabiyah School, Diniyah School, Diniyah Putri Dan Normal Islam Di Sumatra Barat, Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Muhammadiyah Di Yogyakarta, Dll. Sekolah-Sekolah Ini Menerapakan Konsep Terpadu Dalam Aktifitas Pendidikannya, Seperti Halnya Sekolah Islam Terpadu Yang Menjadi “trend Baru” Saat Ini Di Indonesia, Khususnya Diwilayah Perkotaan Dimana Sekolah-sekolah Ini Didirikan, Keberadaanya Saat Ini Telah Tersebar Diseluruh Indonesia.
Silahkan login untuk meminjam