Skripsi / Tugas Akhir

19200011064
KOMARUDIN



NILAI-NILAI KARAKTER DALAM QUR'AN SURAT LUKMAN AYAT 13-14 DAN KONTRIBUSINYA DALAM MEMBENTUK AKHLAK KARIMAH (STUDI KASUS DI SMA TEUKU UMAR SEMARANG)


Abstrak - ABSTRAK Komarudin, NIM 19200011064, Nilai-nilai Karakter Dalam Qur’an Surat Lukman Ayat 13-14 Dan Kontribusinya Dalam Membentuk Akhlak Karimah ( Studi Kasus Di SMA Teuku Umar Semarang ), Semarang : Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2019. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Surat Luqman, Nilai-nilai Karakter Dalam Surat Luqman Ayat 13-14. Pendidikan Nilai-nilai Karakter Bukanlah Sebuah Proses Menghafal Materi. Tetapi Nilai-nilai Karakter Merupakan Suatu Pembiasaan. Pembiasaan Berbuat Baik, Religius, Jujur, Tanggungjawab, Kreatif, Toleransi, Kerja Keras, Mandiri, Cinta Damai, Menghargai Prestasi, Peduli Sosial Dan Lingkungan. Semua Itu Harus Dilatih Secara Serius Dan Proporsional Agar Mencapai Tujuan Yang Dicapai. Dalam Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 13-14 Terdapat Pendidikan Nilai Karakter Yang Dapat Dijadikan Contoh Untuk Siswa Dan Pendidik Tentang Nilai-nilai Karakter Yang Diterapkan Di Sekolah. Permasalahan Penelitian Adalah Apa Saja Nilai-nilai Karakter Dalam Surat Lukman Ayat 13-14 Dan Bagaimana Kontribusinya Nilai-nilai Karakter Surat Lukman Ayat 13-14 Dalam Pembentukan Akhlak Karimah Di SMA Teuku Umar Semarang. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kualitatif- Deskriptif, Sumber Data Dalam Penelitian Ini Antara Lain Guru, Kepala Sekolah, Siswa. Tehnik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Wawancara, Dokumentasi Dan Observasi. Tehnik Analisis Data Yang Digunakan Reduksi Data, Penyajian Data, Kesimpulan Dan Verifikasi. Sedangkan Untuk Menguji Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulai. Hasil Temuan Menunjukan Bahwa Siswa Dan Guru Di SMA Teuku Umar, Telah Mengimplementasikan Nilai-nilai Karakter Qur’an Surat Lukman Ayat 13-14, Yang Dilaksanakan Melalui Proses Pendidikan Di Sekolah. Berdasarkan Penelitian Yang Dilakukan, Ditemukan Kesimpulan Mengenai Nilai- Nilai Karakter Yang Terdapat Dalam Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 13-14 Telah Memberikan Kontribusi Dalam Pembentukan Akhlak Karimah Terhadap Siswa Dan Guru Di Sekolah, Yaitu: A) Pendidikan Akidah, B) Pendidikan Ibadah,c) Pendidikan Akhlak Dalam Keluarga, D) Pendidikan Akhlak Dalam Lingkungan; Dan Pendidikan Kepribadian Yang Harus Dimiliki Setiap Manusia. Kendala Yang Dihadapi; A) Nilai-nilai Karakter Yang Dikembangkan Di Sekolah Belum Terjabarkan Dalam Indikator Yang Representatif. B) Pemahaman Guru Dan Siswa Tentang Konsep Nilai-nilai Karakter Belum Difahami Secara Menyeluruh Oleh Warga Sekolah. C) Guru Ada Yang Belum Bisa Menjadi Teladan Atas Nilai-nilai Karakter Surat Lukman Ayat 13-14. Nilai-nilai Karakter Yang Di Terapkan Di Sekolah Akan Memberikan Dampak Yang Positif Antara Lain A) Meningkatkan Sumber Daya Manusia Dalam Bidang Religius. B) Membentuk Prilaku Dan Sikap Guru Dan Siswa Yang Berakhlak Karimah. C) Meningkatkan Kepedulian Sosial Dan Lingkungan Di Sekolah. ABSTRACT Komarudin, NIM 192000111064, The Character Value Is In The Qur'an Surah Lukman Verses 13-14, And Its Contribution In The Establishment Of Akhlak Karimah (Teuku Umar High School Semarang Case Study), In Semarang: Masters Program In Islamic Religious Education UNWAHAS In 2019. Keywords: Character Education, Luqman's Letter, Character Values In Luqman's Letter, Verses 13-14. Education Character Values Is Not A Process Of Memorising Material. But Character, Values Are Habit. Habituation To Do Good, Religious, Honest, Responsible, Creative, Tolerance, Hard Work, Independent, Love Peace, Appreciate Achievement, Care About Social And Environment. All Of That Must Be Trained Seriously And Proportionally In Order To Achieve The Goals Achieved. In The Qur'an Surah Luqman Verses 13-14 There Is Character Value Education That Can Be Used As An Example For Students And Educators About Character Values Applied In Schools. The Research Problem Is What Are The Character Values In The Letter Lukman Verses 13-14 And How The Contribution Of Character Values In The Letter Lukman Verses 13-14 In The Formation Of Good Morals At Teuku Umar High School Semarang. This Study Is A Qualitative Descriptive Study, And The Data Sources Of This Study Include Teachers, Principals And Students. Data Collection Techniques Used Were Interviews, Documentations And Observations. The Data Analysis Techniques Used Are Data Reduction, Data Presentation, Conclusion, And Validation. Meanwhile, To Test The Validity Of The Data Using The Triangulai Technique. The Findings Show That Students And Teachers At Teuku Umar High School Have Implemented The Values Of The Character Of The Qur'an In Surah Lukman Verses 13-14, Which Are Carried Out Through The Education Process In Schools. Based On The Research Conducted, It Was Found That The Conclusions Regarding Of The Character Values Contained In The Al-Qur'an Surah Luqman Verses 13-14 Have Contributed To The Formation Of Good Morals For Students And Teachers In Schools, Namely: A) Faith Education, B) Education Worship, C) Moral Education In The Family, D) Moral Education In The Environment; And Personality Education That Every Human Being Should Have. Obstacles Encountered; A) Character Values Developed By The Schools Are Described In Representative Indicators. B) Teachers And Students Understanding Of The Concept Of Character Value Is Not Been Fully Understood By The School Community. C) There Are Teachers Who Cannot Become Role Models For The Character Values Of Surah Lukman Verses 13-14. Character Values Applied In Schools Will Have A Positive Impact, Including A) Increasing Human Resources In The Religious Field. B) To Shape The Behaviours And Attitudes Of Teachers And Students Of Good Character. C) Increase Social And Environmental Awareness In Schools.
Silahkan login untuk meminjam