Skripsi / Tugas Akhir

19200011043
AHMAD ZAENURI



PEMIKIRAN HUSAIN BIN AL MANSHUR AL YAMANI TENTANG KARAKTER GURU DAN MURID DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA ( STUDY KITAB ADABU AL-ULAMA' WAL MUTA'ALLIMIN KARYA HUSAIN AL MANSHUR AL YAMANI )


Abstrak - ABSTRAK Ahmad Zaenuri, NIM: 19200011043. Pemikiran Husain Bin Al Manshur Al Yamani Tentang Karakter Guru Dan Murid Dan Relevansinya Dengan Metode Pendidikan Islam Di Indonesia ( Study Kitab Adabu Al-Ulama’ Wal Muta’allimin Karya Husain Bin Al Manshur Al Yamani ). Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2022 Kata Kunci: Karakter Guru Dan Murid, Kitab Adabu Al Ulama’ Wal Muta’allimin Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pemikiran Husain Bin Al Manshur Al Yamani Tentang Karakter Guru Dan Murid Dalam Kitab Adabu Al-'Ulama' Wal Muta'allimin, Relevansi Pemikiran Husain Bin Al Manshur Al Yamani Tentang Karakter Guru Dan Murid Dalam Kitab Adabu Al-'Ulama' Wal Muta'allimin Terhadap Metode Pendidikan Islam Di Indonesia, Serta Implikasi Pemikiran Husain Bin Al Manshur Al Yamani Tentang Karakter Guru Dan Murid Dalam Kitab Adabu Al-'Ulama' Wal Muta'allimin Terhadap Metode Pendidikan Islam Di Indonesia Jenis Penelitian Tesis Ini, Penelitian Pustaka (library Research), Dalam Artian Bahwa Data Data Yang Mendukung Penelitain Ini Berasal Dari Sumber Pustaka, Baikbaik Berupa Buku, Ensiklopedia, Jurnal, Dan Sebagainya. Penelitian Ini Bersifat Deskriptif Analisis Bersumber Data Primer Kitab Adabu Al Ulama’ Wal Muta’allimin. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Teknik Kepustakaan Berupa Dokumentasi Dengan Teknik Analisis Data Berupa Metode Analisi Isi ( Content Analisis). Hasil Penelitian Mengungkapkan Bahwa Adab Guru Terbagi Menjadi Delapan, Yaitu Muraqabah, Zuhud, Dermawan, Menjaga Sunnah, Santun, Perhatian Kepada Murid, Adil, Tawadhu’. Sedangkan Karakter Murid Terbagi Menjadi Lima, Yaitu Wara’, Membersihkan Hati, Tawadhu’, Santun, Cita Cita Luhur. Relevasinya Pemikiran Husain Al Manshur Al Yamani Tentang Karakter Guru Dan Murid Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia Sesuai Dengan Dasar Al-Qurán Dan Hadis Serta Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia Yang Telah Dirumuskan Pemerintah. Pemikiran Husain Bin Al Manshur Al Yamani Sebagai Tokoh Ulama Dapat Diimplementasikan Dalam Pendidikan Modern. Sehingga Karyanya Tersebut Dapat Sebagai Penerobos Sebagai Pendidik Adab Untuk Meminimalisir Lemahnya Karakter Peserta Didik Dalam Dunia Pendidikan Islam Implikasi Pemikiran Pendidikan Husain Bin Al Manshur Al Yamani Tentang Karakter Guru Dan Murid Dalam Kitab Adabu Al-'Ulama' Wal Muta'allimin Terhadap Metode Pendidikan Islam Di Indonesia Sangat Berdampak Dalam Pencapaian Tujuan Metode Pendidikan Islam, Dimana Metode Pendidikan Islam Adalah Jalan Yang Dapat Ditempuh Untuk Memudahkan Pendidik Dalam Membentuk Pribadi Muslim Yang Berkepribadian Islam Dan Sesuai Dengan Ketentuan-ketentuan Yang Digariskkan Oleh Al-Qur'an Dan Hadits
Silahkan login untuk meminjam