Skripsi / Tugas Akhir

20200011085
ABDUL RAHMAN



PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM NUSANTARA MELALUI BUDAYA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERAN SISWA MADRASAH ALIYAH DI PATI


Abstrak - Abdul Rahman, NIM 20200011085, Penanaman Nilai-Nilai Islam Nusantara Melalui Budaya Sekolah Dalam Mengembangkan Sikap Tolen Siswa Madrasah Aliyah Di Pati Kata Kunci : , Islam Nusantara, Budaya Sekolah, Sikap Toleran Penanaman Nilai-nilai Kesetaraan, Terbuka (inklusif) Menghargai Orang Lain Walaupun Berbeda Keyakinan, Nasionalisme, Dan Menghargai Budaya Leluhur, Mestinya Dilakukan Sejak Anak Masih Usia Dini. Radikalisme, Intoleran, Sering Melakukan Kekerasan Atas Dasar Keyakinan, Dan Lain-lain Hendaknya Diantisipasi Oleh Pengelola Lembaga Pendidikan Sehingga Tidak Menjangkit Dalam Keyakinan Peserta Didik. Islam Nusantara Adalah Sebuah Konsep Ber-Islam Dengan Jargon Islam Rahmatan Lil Alamin Menjadi Alternative Beragama Yang Humanis, Toleran, Menghargai Golongan Lain, Agama Lain Dan Melindungi Semua. Semestinya, Lembaga-lembaga Pendidikan Yang Berfaham Ahlussunnah Wal-jamaah Terutama Nahdlatul Ulama’ Sudah Mulai Mengembangkan Pendidikan Agama Islam Nusantara. Hal Ini Dilakukan Sebagai Upaya Preventif Dalam Menghadapi Dakwah “wahabisme” Yang Mulai Nampak Massif Di Indonesia. Penelitian Ini Mendiskripsikan Tentang Implementasi Penanaman Nilai-nilai Islam Nusantara Melalui Budaya Sekolah Dalam Mengembangkan Sikap Toleran Siswa Madrasah Aliyah Di Pati. Toleransi Menjadi Sesuatu Yang Sangat Penting Bagi Keberlangsungan Kedamaian Di Negeri Ini. Penanaman Sikap Toleran Sayogjanya Dimualai Sedini Mungkin Bagi Siswa-siswi Sebagai Generasi Penerus Bangsa. Diantara Media Yang Efektif Di Sekolah Atau Madrasah Untuk Penanaman Sikap Toleran Ini Salah Satunya Adalah Budaya Sekolah. Nilai-nilai Islam Nusantara Yang Antara Lain Adalah Nilai Kasih Sayang, Nilai Kesetaraan, Nilai Toleransi Dan Nilai Kerukunan Serta Yang Terpenting Adalah Nilai Kemanusiaan (humanisme) Hendaknya Ditanamkan Sedini Mungkin. Hal Ini Mengingat Bangsa Indonesia Adalah Bangsa Yang Majemuk Dengan Berbagai Latar Belakang Ideologi, Agama, Ras Dan Suku. Potensi Benturan Akibat Berkembangnya Paham-paham Eksklusifisme, Radikalisme, Merasa Paling Benar, Dan Lain-lain Nampak Di Depan Kita. Oleh Karenanya, Nilai-nilai Islam Nusantara Sebagai Bentuk Ke-Islaman Yang Ramah Dan Toleran Perlu Ditanamkan. Setting Dari Penelitian Ini Adalah Madrasah-madrasah Yang Secara Kultural Berada Pada Geneologi Nahdlatul Ulama. Madrasah Yang Dipilih Sebagai Obyek Penelitian Adalah Madrasah Aliyah Sultan Agung Sukolilo Pati Dan Madrasah Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati. Dari Kedua Madrasah Tersebut Didapatkan Data Kalau Seluruh Alumni Kedua Madrasah Tersebut Tidak Terpapar Dengan Paham Radikal. Penelitian Ini Menggunakan Penelitian Kualitatif Deskriptif. Pengumpulan Data Menggunakan Tiga Teknik, Yaitu Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Adapun Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa (1) Penanaman Nilai-nilai Islam Nusantara Di Madrasah Aliyah Sultan Agung Sukolilo Dan Madrasah Aliyah Sirojul Huda Pasuruhan Kayen, Ditunjukkan Dengan Pengajaran Karakter Religius, Jujur, Gemar Membaca, Disiplin, Toleransi, Kerja Keras, Bersahabat, Kreatif , Menghargai Prestasi, Peduli Sosial, Peduli Lingkungan, Mandiri, Demokratis, Cinta Damai Dan Tanggung Jawab. (2) Penanaman Nilai-nilai Islam Nusantara Melalui Budaya Sekolah Menghasilkan Karakter Cinta Tanah Air, Agama, Berfikir Terbuka, Bersikap Toleran, Mudah Bergaul, Pikiran Berkembang, Sopan Santun, Gemar Shalawat, Gemar Mengaji, Suka Menolong, Suka Damai, Senang Membaca, Pemikiran Terbuka, Cinta Lingkungan Dan Mengutamakan Musyawarah, Serta Menghormati Sesama.
Silahkan login untuk meminjam