Skripsi / Tugas Akhir

A1720061
KUSAIRI



PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN ANAK YANG BERKARAKTER DI KECAMATAN BANJAREJO


Abstrak - Kusairi, NIM A 1720061. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Mewujudkan Anak Yang Berkarakter Di Kecamatan Banjarejo, Semarang : Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2020 Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Keluarga. Fenomena Perkembangan Anak Usia Dini Di Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Yang Kurang Atau Bahkan Tidak Memiliki Pedoman Hidup (prinsip/karakter) Yang Menjadikan Dirinya Begitu Mudah Dipengaruhi Baik Oleh Pihak Dari Luar Dirinya Dalam Pergaulan Sehari-hari Maupun Oleh Ketidak Percayaan Dirinya Sendiri Dalam Menentukan Sikap Hidupnya, Ini Lebih Dikarenakan Tidak/belum Diterimanya Pendidikan Terkait Dengan Prinsip- Prinsip Kehidupan Yang Baik. Permasalahan Penelitian Ini Adalah Untuk Mendeskripsikan Dan Menganalisis Desain Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga Di Kecamatan Banjarejo. Untuk Mendeskripsikan Dan Menganalisis Desain Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Mewujudkan Anak Yang Berkarakter. Untuk Mendeskripsikan Dan Menganalisis Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga Terhadap Upaya Mewujudkan Anak Yang Berkarakter. Penelitian Ini Adalah Penelitian Kualitatif-deskriptif, Yaitu Penelitian Yang Tujuan Utamanya Untuk Menerangkan Apa Adanya Atau Apa Yang Ada Sekarang, Namun Secara Motodologis Penelitan Ini Termasuk Dalam Penelitian Lapangan (field Reseach). Sedangkan Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Kualitatif Naturalistik, Yaitu Metode Penelitian Yang Digunakan Untuk Meneliti Pada Kondisi Obyek Alamiah Dimana Peneliti Adalah Sebagai Instrumen Kunci. Hasil Temuan Menunjukan Bahwa Desain Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga Di Kecamatan Banjarejo Mayoritas Keluarga Menerapkan Pendidikan Karakter, Ada Persamaan Persamaan Yang Ditemukan Yaitu Dalam Keluarga Bapak Khoirun Naim, Bapak Untung Subekti, Bapak Ali Mustofa, Bapak Hafiz Yusuf Firdian Yang Sama-sama Menonjolkan Nilai Karakter Jujur Kepada Anak Mereka, Berbeda Dengan Keluarga Bapak Zubaidi Yang Lebih Menonjolkan Nilai Karakter Religius Di Dalam Keluarganya. Dalam Penerapan Penanaman Pendidikan Karakter Kepada Anak Usia Dini Dalam Keluarg. Ditemukan Persamaan Pernggunaan Metode Pendidikan Karakter Yaitu Ada Di Keluarga Bapak Khoirun Naim, Bapak Untung Subekti, Bapak Zubaidi Yang Sama-sama Menerapkan Metode Keteladanan Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Di Dalam Keluarga. Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga Menemui Kendala Dalam Proses Penanaman Pendidikan Karakter Diantaranya Seperti Anak Susah Diatur, Susah Dinasehati, Mudah Mengeluh Dan Rewel. Anak Yang Telah Ditanamkan Nilai-nilai Karakter Ternyata Mampu Membiasakan Nilai-nilai Karakter Dalam Kehidupan Sehari-hari. Karakter Yang Telah Dibiasakan Yaitu Seperti Anak Menjadi Terbiasa Berkata Jujur, Sopan Santun, Disiplin, Rajin Beribadah, Berani Mengakui Kesalahan, Religius Dan Mandiri.
Silahkan login untuk meminjam