Skripsi / Tugas Akhir

20200011132
DEWI RUKMANA SARI



PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL HIDAYAT KEDUNG LUMPANG MAGELANG DALAM PERSPEKTIF KITAB ADABUL 'ALIM WAL MUTA'ALIM KARYA KH. HASYIM ASY'ARI


Abstrak - ABSTRAK Dewi Rukmana Sari, NIM 2020.000111.32. Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Putri Al Hidayat Kedung Lumpang Magelang Dalam Perspektif Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’ari, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2022. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren, Adabul ‘Alim Wa Muta’alim Pendidikan Karakter Merupakan Hal Yang Sangat Penting Untuk Diterapkan Dalam Lembaga Pendidikan Di Indonesia, Seperti Di Sekolah Maupun Di Pondok Pesantren. Sebagai Upaya Untuk Membentuk Karakter Anak Bangsa Yang Bermoral Dan Beradab Serta Religius. Permasalahan Penelitian Ini Adalah Penanaman Pendidikan Karakter Di Indonesia Yang Belum Terlaksana Secara Maksimal Dikarenakan Berbagai Faktor Yang Terjadi Di Indonesia, Seperti Dampak Dari Pandemi Covid-19 Yaitu Tidak Adanya Pertemuan Tatap Muka Disekolah Dan Kesibukan Orang Tua Untuk Mendidik Anaknya, Dan Lain Sebagainya. Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Yang Berjalan Selama 24 Jam Dengan Kontrol Penuh Di Pondok Pesantren Dinilai Mampu Menerapkan Pendidikan Karakter Dengan Baik Dengan Merujuk Pada Kitab Adabul ‘alim Wal Muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’ari.Studi Ini Dimaksudkan Untuk Menjawab Permasalahan Sebagai Berikut : 1) Bagaimana Konsep Pendidikan Karakter Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’ari?. 2) Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Putri Al Hidayat Kedung Lumpang Magelang?. 3) Bagaiaman Implikasi Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Putri Kedung Lumpang Magelang Dalam Prespektif Kitab Adabul A’lim Wal Muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’ari. Jenis Penelitian Lapangan Ini Berbentuk Kualitaif, Sumber Data Primer Adalah Hasil Wawancara Dengan Pengasuh Pondok Pesantren, Pengajar Di Pondok Pesantren Dan Santri Serta Sumber Dokumen Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’ari. Data Sekunder Dari Buku, Literatur, Jurnal; Dan Artikel Tentang Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren Dan Kitab Adabaul ‘Alim Wal Muta’alim. Tenik Pengumpulan Data Melalui Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi, Data Yang Telah Didapat Kemudian Dianalisis Dengan Metode Analisis Deskriptif. Kesimpulan Dari Penelitian Ini Adalah 1) Dalam Kitab Yang Berisi Delapan Bab Ini Beliau Mengklasifikasikan Dua Karakter Yaitu Karakter Untuk Pelajar Dan Karakter Untuk Pendidik. 2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Putri Al Hidayat Kedung Lumpang Magelang Dalam Perspektif Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’Ari Mengarah Pada Terciptanya Karakter Yang Religius, Disiplin, Dan Toleransi Melalui Kegiatan-kegiatan Dan Kebiasaan-kebiasaan Keseharian Yang Dilakukan Oleh Santri Maupun Oleh Pendidik, Seperti Mendoakan Guru Dengan Ziarah Ke Makam Guru Yang Sudah Meninggal, Memperbaiki Niat Belajar, Memiliki Sikap (muqorobah Khauf, Tenang Dan Tawadhu’), Mengawali Pembelajaran Denganberdoa, Disiplin Mengatur Pola Tidur, Dan Disiplin Untuk Mengantri, Toleransi Terhadap Santri. 3) Kegiatan Rutin Dan Pembiasaan-pembisaan Yang Diterapkan Di Pesantren Ini Membentuk Karakter Santri Dan Pendidik Yang Sesusai Dengan Kemendiknas Mengenai 18 Karakter Bangsa. Dari 18 Karakter Tersebut Ada 3 Karakter Yang Sangat Berimplikasi Dari Adanya Pelakasanaan Pendidikan Karakter Perspektif Kitab Adabul ‘Alim Muta’alim, Karakter Tersebut Adalah (a) Berperilaku Religius (b) Disiplin (c) Toleransi.
Silahkan login untuk meminjam