Skripsi / Tugas Akhir

19200011029
MUHAMMAD MAIMUN FATONI



PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TURJUMAN AL-QUR'AN JILID I&II METODE UMMI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MENGETAHUI BACAAN-BACAAN SHOLAT PADA SISWA SMP NASIMA SEMARANG


Abstrak - ABSTRAK Muhammad Maimun Fatoni, NIM 19200011029, Penerapan Model Pembelajaran Turjuman Al- Qur’an Jilid I & II Metode Ummi Dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Dalam Mengetahui Bacaan-Bacaan Sholat Pada Siswa SMP Nasima Semarang , Tesis: Program Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim. Kata Kunci: Penerapan, Pembelajaran Turjuman , Kemampuan Mengetahui Bacaan Shalat. Dalam Mengetahui Serta Memahami Al-Qur’an, Bacaan Shalat Dan Kandungannya Perlu Adanya Model Pembelajaran Yang Baik Yaitu Model Pembelajaran Turjuman Al-Qur’an Metode Ummi. Dalam Pembelajaran Turjuman Ini Ditekankan Siswa Harus Hafal Materi Dengan Tartil, Terjemah Perkata Dan Terjemah Perkalimat, Serta Memahami Kandungan Pada Setiap Bacaan. Dalam Hal Ini Maka Pembelajaran Turjuman Al-Qur’an Metode Ummi Merupakan Sebuah Metode Pembelajaran Yang Layak Diperhitungkan Dan Menarik Untuk Dikaji Lebih Mendalam Lagi. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengungkapkan Penerapan Pembelajaran Turjuman Al-Qur’an Jilid I&II Metode Ummi Yang Dilaksanakan Di SMP Nasima Semarang Dengan Fokus Penelitian Mencakup Sebagai Berikut 1)langkah-langkah Serta Proses Guru Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Turjuman Al-Qur’an Jilid I&II Metode Ummi 2) Teknik Guru Dalam Evaluasi Pembelajaran Turjuman Al- Qur’an Jilid I&II Metode Ummi 3) Dampak Penerapan Pembelajaran Turjuman Al-Qur’an Jilid I&II Metode Ummi Terhadap Kemampuan Dalam Mengetahui Bacaan- Bacaan Sholat Pada Siswa SMP Nasima Semarang. Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif. Pengumpulan Data Dilakukan Dengan Teknik Wawancara Mendalam, Observasi Partisipan Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Meliputi Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Temuan Dilakukan Dengan Cara Perpanjangan Keikutsertaan Peneliti, Teknik Triangulasi Dengan Menggunakan Berbagai Sumber, Teori Dan Metode Dan Ketekunan Pengamatan. Informan Penelitian Yaitu Koordinator Turjuman, Guru Turjuman Dan Siswa. Hasil Penelitian Menunjukkan 1)langkah-langkah Serta Proses Guru Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Turjuman Al-Qur’an Jilid I&II Metode Ummi Berpedoman Pada Aturan-aturan Serta Merujuk Pada Tahapan Pembelajaran Yang Telah Ditetapkan Oleh Ummi Foundation Dan Ditambah Sedikit Variasi Pada Proses Pelaksanan 2) Teknik Guru Dalam Evaluasi Pembelajaran Turjuman Al- Qur’an Jilid I&II Metode Ummi Mengacu Pada Teknik Yang Telah Ditetapkan Oleh Ummi Foundation Surabaya 3) Penerapan Pembelajaran Turjuman Al-Qur’an Yang Dilakukan Guru Sangat Berdampak Baik Terhadap Kemampuan Mengetahui Bacaan Shalat Siswa. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Daya Serap Serta Perilaku Siswa Yang Tampak Setelah Pelaksanaan Proses Pembelajaran Turjuman Al-Qur’an Metode Ummi.
Silahkan login untuk meminjam