Skripsi / Tugas Akhir

20200011044
A. SUSNANTO



PENERAPAN PENGUASAAN GURU DALAM MENGGUNAKAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGI (ICT) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN GROBOGAN


Abstrak - ABSTRAK A. Susnanto, NIM 20200011044 : “Penerapan Penguasaan Guru Dalam Menggunakan Information And Communication Technologi (ICT) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Produktivitas Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Grobogan”, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2022. Pembimbing. Prof. Dr. H. Mahmutarom HR, S.H., M.H. Kata Kunci: Penguasaan Guru Menggunakan ICT, Produktifitas Sekolah Kemajuan TIK Juga Telah Menjadikan Kemanfaatan Berbagai Jenis / Macam Media Secara Bersamaan Dalam Bentuk Multimedia Pembelajaran. Untuk Penyampaian Materi Pembelajaran Yang Dapat Menarik Perhatian Siswa Untuk Belajar Salah Satunya Dengan Penggunaan Multimedia Interaktif Yang Memuat Komponen Audio-visual (suara Dan Tampilan). Permasalahan Dalam Penelitian Ini Meliputi Mengapa Guru Perlu Menguasai Ict Pada Pembelajaran PAI, Bagaimana Proses Pembelajaran Oleh Guru Dalam Menggunakan ICT Dan Apa Dampak Penguasaan Guru Pai Dalam Menggunakan Ict Pada Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Produktivitas Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Grobogan. Penelitian Tesis Ini Peneliti Menggunakan Metode Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Deskriptif. Karena Penelitian Ini Berusaha Mengungkapkan Gejala Suatu Tradisi Tertentu Yang Secara Fundamental Tergantung Pada Pengamatan Manusia Dalam Kawasannya Sendiri Dan Berhubungan Dengan Orang-orang Tersebut Dalam Bahasanya Dan Peristilahannya. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Dari Indikator Pembelajaran Efektif Dan Penggunaan Media Yaitu Motivasi Belajar, Tujuan Belajar, Kesesuaian Pembelajaran, Persiapan Sebelum Menggunakan Media, Kegiatan Selama Menggunakan Media, Kegiatan Tindak Lanjut Maka Apabila Diukur Dari Keenam Aspek Tersebut Penggunaan Media Computer/Laptop Beserta LCD (Liquid Crystal Display) Proyektor Dan Internet Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sudah Berjalan Efektif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Indikasi Sudah Banyaknya Peserta Didik Aktif Dalam Pembelajaran Adanya Dorongan Dan Kebutuhan Dalam Belajar Dan Kegiatan Selama Menggunakan Media Komputer Beserta LCD (Liquid Crystal Display) Proyektor Dan Internet Banyak Peserta Didik Semangat Dalam Menerima Materi Pembelajaran, Disamping Itu Proses Pembelajaran Yang Dilakukan Pendidik Dengan Menggunakan Media Computer/Laptop Beserta LCD (Liquid Crystal Display) Proyektor Tidak Hanya Sekedar Menyampaikan Materi, Tetapi Pembelajaran Yang Digunakan Lebih Bervariasi Sehingga Peserta Didik Lebih Antusias Dalam Mengikuti Pelajaran Yang Guru Ajarkan Sehingga Berdampak Pada Hasil Belajar Peserta Didik.
Silahkan login untuk meminjam