Skripsi / Tugas Akhir

18200011117
Fahmia Shofiana



PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SALAFIYAH PEKALONGAN


Abstrak - ABSTRAK Fahmia Shofiana, 1820001117, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Salafiyah Pekalongan. Semarang: Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2018 Kata Kunci : Pengembang An Media Pembelajaran Android, Pendidikan Agama Islam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Yang Penulis Fokuskan Untuk Kelas VII Di SMP Salafiyah Pekalongan Ini Didasarkan Pada Perkembangan Teknologi Yang Sangat Pesat, Khususnya Dalam Bidang Alat Telekomunikasi. Berbagai Alat Komunikasi Canggih Yaitu Smartphone Mulai Banyak Ditawarkan Dengan Tujuan Untuk Menunjang Kebutuhan Kita. Smartphone Berbasis Android Sangat Populer Hingga Merambah Kalangan Pelajar. Selain Itu Dalam Kenyataan Media Pembejaran Untuk Pendidikan Agama Islam Sangat Minim Sekali. Untuk Itu Perlu Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Menjawab Tantangan Zaman Globalisasi Yang Lebih Mengedepankan Teknologi Informasi Yang Serba Praktis Dan Menyenangkan. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mendeskripsikan Prosedur Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Kelas VII Di SMP Salafiyah Pekalongan Juga Untuk Mengetahui Keefektifan Dan Kemenarikan Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Untuk Kelas VII Di SMP Salafiyah Pekalongan. Model Pengembangan Yang Digunakan Dalam Penelitian Dan Pengembangan Ini Adalah Model Pengembangan Borg & Gall Yang Terdiri Dari 8 Tahap Yaitu 1) Penelitian Dan Pengumpulan Data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan Format Produl Awal, 4) Validasi Ahli, 5) Revisi Produk I, 6) Uji Coba Lapangan, 7) Revisi Produk II, Dan 8) Diseminasi Dan Implementasi. Subjek Penelitian Adalah Dosen, Guru, Dan Siswa Kelas VII A Di SMP Salafiyah Pekalongan Pengumpulan Data Menggunakan Angket, Pedoman Wawancara, Dan Lembar Observasi. Adapun Hasil Penelitian Pengembangan Ini Adalah (1) Teah Berhasil Enjelaskan Dengan Detail Prosedur Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android (2) Produk Pengembangan Ini Telah Terbukti Menarik Dan Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Yang Didasarkan Pada Hasil Angket Yang Didapat Dari Tanggapan Validator, Ahli Materi Sebesar 73,5%, Ahli Media Sebesar 86,6%, Ahli Pembelajaran I Sebesar 84,6%, Ahli Pembelajaran II Sebesar 86,4%, Dan Tanggapan Siswa Sebesar 88,1%. Adapun Peningkatan Hasil Belajar Ditunjukkan Analisis Data Dari Pretest Dan Postest Dari Hasil Uji T Yang Dilakukan Dengan Taraf Kebenaran 95% Di Peroleh Hasil Signifikansi Sebesar 0,000 < 0,05 Maka Ada Perbedaan Yang Signifikan Hasil Belajar Siswa Antara Sebelum Dan Setelah Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Android.
Silahkan login untuk meminjam