Skripsi / Tugas Akhir

19200011062
NANI ANDRIYANI



PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL QUR'AN PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN PEMALANG


Abstrak - ABSTRAK Nani Andriyani, NIM 19200011062, Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Kabupaten Pemalang, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2021 Kata Kunci: Modul, Pendidikan Karakter, Al Qur’an Kegiatan Belajar Mengajar Di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Pemalang Tidak Terlepas Dari Materi Pendidikan Karakter Yang Dimuat Dalam Setiap Mata Pelajaran. Panyampaian Materi Pendidikan Karakter Menjadi Salah Satu Usaha Yang Dilakukan Oleh Pemerintah Dan Satuan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Nasional. Proses Belajar Mengajar Materi Pendidikan Karakter Akan Berjalan Dengan Efektif Bila Didukung Dengan Tersedianya Bahan Belajar Untuk Membantu Memenuhi Kebutuhan Siswa Dalam Belajar. Materi Pendidikan Karakter Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Harus Didasarkan Pada Nilai-nilai Al Qur’an. Studi Ini Berusaha Untuk Menjawab Persoalan Sebagai Berikut: (1)Model Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an, (2) Model Hipotetik Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an, (3) Model Final Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an, (4) Efektifitas Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Kabupaten Pemalang. Penelitian Ini Adalah Penelitian Research Dan Development (R&D), Yaitu Metode Penelitian Yang Digunakan Untuk Menghasilkan Produk Dan Pengembangan Bahan Belajar Berupa Modul Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an. Sumber Data Dalam Penelitian Ini Adalah Guru PAI, Dosen Unwahas, Dan Siswa Kelas IV Dari MI Mutaalimin Sidorejo Dan MI NU Jatirejo Kabupaten Pemalang. Teknik Pengumpulan Data Dengan Wawancara Dan Pengisian Instrumen, Sedangkan Untuk Menguji Keabsahan Data Dengan Validasi Dari Tim Pakar/ahli Dan Ujicoba Produk Kelompok Kecil. Hasil Dari Penelitian Ini Adalah (1) MI Di Kabupaten Pemalang Awalnya Belum Menggunakan Modul Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an (2) Setelah Melakukan Penyusunan Dan Pengembangan, Serta Melakukan Uji Pakar/ahli Terhadap Produk Ini Didapatkan Beberapa Revisi Atau Perbaikan Pada Aspek Tampilan Dan Bahasa (3) Model Final Modul Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an Dengan Tampilan Yang Penuh Warna Dan Gambar Yang Menarik Siswa. Susunan Materi Terdiri Dari Empat Bagian Yang Setiap Bagian Terdapat Materi Memahami, Mengahayati, Kalimat Mutiara Hikmah Dan Evluasi (4) Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Modul Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an Termasuk Dalam Kategori Baik Dengan Hasil Nilai Dari Uji Ahli Yaitu 3,92 Dan Uji Kelompok Kecil Dengan Nilai 4,32%. Modul Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an Sangat Efektif Membantu Siswa Memahami Materi Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an Dan Mengimplementasikan Dalam Kehidupan Sehari-hari.
Silahkan login untuk meminjam