Skripsi / Tugas Akhir

20200011028
MAS'UDI



PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KITAB TA'LIM MUTA'ALLIM DALAM PEMBENTUKAN ETIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF KECAMATAN LARANGAN


Abstrak - ABSTRAK Mas’udi, NIM. 20200011028: Pengambangan Strategi Pembelajaran Terhadap Pembentukan Etika Berbasis Kitab Ta’lim Muta’allim Di MI Ma’arif Kecamatan Larangan, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Tahun 2022. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pembentukan Etika, Kitab Ta’lim Muta’allim Strategi Pembelajaran Menjadi Salah Satu Unsur Dari Proses Pembelajaran. Strategi Digunakan Oleh Guru Dan Siswa Untuk Mengkreasikan Proses Pembelajaran Yang Dilaksanakan Di Dalam Kelas Sehingga Tujuan Pembelajaran Dapat Dicapai. Keberaagamaan Seseorang Tidak Akan Lengkap Tanpa Adanya Akhlak Yang Dimilikinya. Karena Akhlak Yang Baik Tidak Datang Secara Tiba-tiba, Maka Perlu Adanya Pembelajaran Dan Pengamalan Secara Kontinyu, Agar Akhlak Tersebut Dapat Menyatu Dalam Jiwa Dan Pikiran, Serta Tingkah Laku Setiap Muslim Yang Beriman Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memahami Dan Menganalisis: (1) Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Terhadap Pembentukan Etika Berbasis Kitab Ta’lim Muta’allim Di MI Ma’arif Kecamatan Larangan (2) Factor Penghambat Dan Pendukung Dalam Pembentukan Etika Berbasis Kitab Ta’lim Muta’allim Di MI Ma’arif Kecamatan Larangan (3) Dampak Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Terhadap Pembentukan Etika Peserta Didik Di MI Ma’arif Kecamatan Larangan. Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif Jenis Penelitian Lapangan. Metode Pengumpulan Datanya Adalah Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Model Analisis Interaktif Miles Dan Huberman Yang Mencakup Empat Komponen Yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi, Yakni Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Yang Memanfaatkan Sesuatu Yang Lain Dalam Membandingkan Hasil Wawancara Terhadap Objek Penelitian. Temuan Penelitian Menunjukkan Bahwa: (1) Strategi Yang Diterapkan Yaitu Dengan Pembiasaan, Menjadikan Suatu Hal Yang Tadinya Dilakukan Secara Sadar Dan Terkadang Terpaksa, Diupayakan Menjadi Otomatis Dan Tanpa Paksaan. Langkah-langkah Pembiasaan Akhlak Yang Baik Telah Dilaksanakan Seperti Budaya Senyum, Sapa, Salam, Pembacaan Doa, Tadarus Al Qur’an, Pembacaan Asmaul Husna Dan Berinfaq Setiap Hari Jum’at (2) Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kognitif Siswa Di Masa Pandemi Antara Lain Menggunakan Aplikasi Online, Metode Yang Digunakan Juga Sesuai Online, Sanggup Sarana Dan Prasarana (3) Faktor Penghambatnya Antara Lain Pertama Faktor Internal Yang Terdiri Dari Fasilitas Yang Kurang Mendukung Dan Kurangnya Kesadaran Peserta Didik. Kedua Faktor Eksternal Yang Terdiri Dari Faktor Pendidik, Faktor Lingkungan, Dan Faktor Orang. Sedangkan Factor Pendukungnya Antara Lain Faktor Guru, Faktor Motivasi Dan Dukungan
Silahkan login untuk meminjam