Skripsi / Tugas Akhir

19200011083
ALI MUHTAROM



PENGGUNAAN APLIKASI KODE SOAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH TAWANGHARJO DAN SMA AL ISLAM WIROSARI


Abstrak - ABSTRAK Ali Muhtarom, NIM; 19200011083. “Penggunaan Aplikasi Kode Soal Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran PAI Kelas X Di SMA Muhammadiyah Tawangharjo Dan SMA Al Islam Wirosari” Semarang : Program Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2021. Kata Kunci : Aplikasi Kode Soal, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Perkembangan Teknologi Informasi Saat Ini Sangat Berpengaruh Terhadap Pola Pemikiran Peserta Didik Demi Tercapainya Pendidikan Saat Ini Maka Tenaga Pendidik Untuk Pendidikan Agama Di Lembaga Pendidikan Umum Juga Harus Berperan Aktif. Karena Dunia IT Telah Merambah Ke Berbagai Disiplin Ilmu. Salah Satu Cara Untuk Mengantisipasi Dampak Negatif IT Adalah Dengan Memperkenalkan IT Dari Segi Positif- Nya. Permasalahan Peneliti Adalah Penggunaan Aplikasi Kode Soal Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran PAI Kelas X Di SMA Muhammadiyah Tawangharjo Dan SMA Al Islam Wirosari . Tujuan Penelitina Ini Adalah, 1) Untuk Mendeskripsikan Penggunaan Aplikasi Kode Soal Dalam Pemebelajaran Mata Pelajaran PAI Di SMA Muhammadiyah Tawangharjo Dan Di SMA Al Islam Wirosari, 2) Untuk Mendeskripsikan Faktor Penghambat Dan Pendukung Pelaksaan Penggunaan Aplikasi Kodesoal Dalam Pemebelajaran Di SMA Muhammadiyah Tawangharjo Dan Di SMA Al Islam Wirosari, 3) Untuk Mendiskripsikan Implikasi Penggunaan Aplikasi Kodesoal Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran PAI Di SMA Muhammadiyah Tawangharjo Dan Di SMA Al Islam Wirosari. Metode Penelitian Ini Adalah Dengan Pendekatan Kualitatif , Sedang Sifat Penelitian Adalah Deskriptif, Sumber Data Dalam Penelitian Ini Adalah, Kepala Sekolah, Guru Dan Siswa. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Wawancara,dokumentasi Dan Observasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Reduksi Data Penyajian Data, Kesimpulan, Dan Verivikasi. Sedangkan Untuk Menguji Keabsahan Data Mengunakan Teknik Triangulasi Dan Memberchek. Hasil Penelitian Ini Bahwa: Pertama. Penggunaan Aplikasi Kode Soal Sangatlah Positif Dan Berkembang, Banyak Diantara Siswa Yang Termotivasi, Bahkan Semangat Dalam Belajar Serta Mengerjakan Tugas –tugas. Adanya Media Aplikasi Ini Dimaksudkan Supaya Siswa Tidak Monoton Dalam Belajarnya. Kedua Faktor Pendukung Penerapan Aplikasi Kode Soal Bagi Guru 1. Mempermudah Dalam Penyampaian Materi Pembelajaran. 2. Dapat Diakses Kapan Saja Dan Dimana Saja, 3. Meringankan Dalam Mengevaluasi Hasil Tes. Bagi Siswa Akses Dan Tampilan Yang Mudah Dipahami, Dapat Diakses Dimana Saja. Adapun Fakfor Penghambatnya Adalah Sulitnya Akses Internet Di Tempat Para Siswa, Siswa Tidak Memiliki Smartphone, Kurangnya Pemaham IT Oleh Siswa. Ketiga Implikasinya Penggunaan Media Menjaikan Anak Lebih Aktif Belajar, Termotivasi Untuk Berprestasi Baik Secara Akademik Maupun Non Akademik.
Silahkan login untuk meminjam