Skripsi / Tugas Akhir

20200011146
LINA HIDAYATUN NISAK



PENILAIAN PORTOFOLIO BERBASIS ONLINE DAN IMPLIKASINYA DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PAI MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN KUDUS


Abstrak - ABSTRAK Lina Hidayatun Nisak, 20200011146 “Penilaian Portofolio Berbasis Online Dan Implikasinya Dalam Upaya Pengembangan Budaya Literasi Digital Pada Pembelajaran PAI Madarsah Tsanawiyah Di Kabupaten Kudus”, Tesis: Program Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim. Dalam Dunia Pendidikan, Siswa Merupakan Salah Satu Pengguna Informasi. Informasi Yang Dibutuhkan Siswa Tidak Hanya Dalam Format Tercetak. Internet Mulai Menyajikan Informasi Dalam Format Yang Berbeda, Yaitu Digital. Pengerjaan Tugas Sangat Mudah Diselesaikan Dengan Adanya Perkembangan Internet Dan Teknologi Digital. Fenomena Tersebut Memunculkan Sumber Referensi Ilmiah Yang Tersedia Dalam Bentuk Digital Dan Bisa Diakses Untuk Mendapatkan Jutaan Informasi Yang Berguna Untuk Menyelesaikan Tugas Sekolah. Penugasan Yang Diberikan Kepada Siswa Melalui Portofolio Online Akan Memacu Siswa Menggunakan Internet Sebagai Basis Dari Literasi Digital Yang Kemudian Akan Dinilai Oleh Guru Dalam Proses Penilaian Portofolio. Hal Ini Tentunya Megembangkan Budaya Literasi Digital Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Untuk Mewujudkan Karakter Yang Sesuai Dengan Kecakapan Abad 21. Pengembangan Budaya Literasi Ini Dimaksudkan Agar Generasi Abad 21 Dapat Menggunakan Sarana Digital Dengan Baik. Studi Ini Dimaksudkan Untuk Menjawab Permasalahan Sebagai Berikut: Bagaimana Latar Belakang Penyebab Penggunaan Portofolio Berbasis Online Dan Implikasinya Dalam Upaya Pengembangan Budaya Literasi Digital Pada Pembelajaran PAI Di Madrasah Tsanawiyyah Kabupaten Kudus?. Bagaimana Implementasi Penggunaan Portofolio Berbasis Online Dan Implikasinya Dalam Upaya Pengembangan Budaya Literasi Digital Pada Pembelajaran PAI Di Madrasah Tsanawiyyah Kabupaten Kudus ? Apa Dampak Penggunaan Portofolio Berbasis Online Dan Implikasinya Dalam Upaya Pengembangan Budaya Literasi Digital Pada Pembelajaran PAI Di Madrasah Tsanawiyyah Kabupaten Kudus Jenis Penelitian Lapangan Ini Bersifat Kualitatif, Dengan Teknik Pengumpulan Data Melalui Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi, Data Yang Telah Di Dapat Kemudian Dianalisis Melalui Analisis Data Dengan Melalui Tiga Tahapan Yaitu Reduksi, Penyajian Data Dan Verifikasi Atau Kesimpulan. Kesimpulan Dari Penelitian Adalah 1) Faktor Penyebab Dilaksanakannya Penilaian Portofolio Berbasis Online Di Madrasah Tsanawiyah Di Kabupaten Kudus Dikarenakan Penilaian Portofolio Online Merupakan Sarana Penilaian Yang Tepat Dilakukan Selama Masa Pandemi Untuk Mengetahui Perkembangan Capaian Kompetensi Peserta Didik Selama Pembelajaran Secara Online, Adanya Tuntutan Dari Pengawas Madrasah Agar Guru PAI Senantiasa Melakukan Kreasi Dan Inovasi Utamanya Selama Masa Pembelajaran Jarak Jauh, Adanya Pelatihan-pelatihan Pada MGMP PAI Yang Memberikan Bekal Bagi Guru-guru PAI Untuk Menggunakan Platform-platform Digital Sebagai Media Pembelajaran, Kegiatan Penilaian Portofolio Berbasis Online Juga Memicu Upaya Konservasi Lingkungan Melalui Kebijakan Paperless. 2) Implementasi Penggunaaan Penilaian Portofolio Berbasis Online Di Madrasah Tsanawiyah Di Kabupaten Kudus Dilaksanakan Melalui Platform Google Classroom, Edmodo, Dan Google Drive. 3) Pelaksanaan Kegiatan Penilaian Portofolio Berbasis Online Membawa Dampak-dampak Terhadap Pengembangan Budaya Literasi Digital Di Madrasah Tsanawiyah Di Kabupaten Kudus Di Antaranya Adalah Terlaksananya Program Literasi Digital Madrasah Yang Telah Diprogramkan Oleh Pihak Stakeholder Madrasah, Meningkatnya Kunjungan Peserta Didik Di Perpustakaan Digital Kata Kunci : Penilaian, Portofolio, Online, Literasi Digital, Pembelajaran PAI
Silahkan login untuk meminjam