Skripsi / Tugas Akhir

19200011095
NUR AFIFUDDIN MA'SHUM



PENINGKATAN PERILAKU RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI MA NURIL HUDA TAWANGHARJO DAN MA ZIWFA PURWODADI


Abstrak - Nur Afifuddin Ma’shum, NIM; 19200011095, Judul “Peningkatan Perilaku Religius Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah Di MA Nuril Huda Tawangharjo Dan MA Ziwfa Purwodadi. Jumlah Halaman 110. Tujuan Penelitina Ini Adalah 1)Untuk Mengetahui Dan Menganalisis Tingkat Religiusitas Peserta Didik Di MA Nuril Huda Tawangharjo Dan MA Ziwfa Purwodadi. 2) Untuk Mengetahui Dan Menganalisis Implementasi Budaya Sekolah Dalam Meningkatan Perilaku Religius Peserta Didik Di MA Nuril Huda Tawangharjo Dan MA Ziwfa Purwodadi. 3) Untuk Mengetahui Dan Menganalisis Faktor Pendorong Dan Faktor Penghambat Peningkatan Perilaku Religius Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah Di MA Nuril Huda Tawangharjo Dan MA Ziwfa Purwodadi. Metode Penelitian Ini Adalah Dengan Pendekatan Kualitatif, Sedang Sifat Penelitian Adalah Deskriptif, Analisis Deduktif Merupakan Bagian Dari Metode Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini. Analisis Deduktif Merupakan Penarikan Kesimpulan Yang Berdasarkan Atas Data-data Yang Khusus Kemudian Digeneralisasikan Pada Hal-hal Yang Bersifat Umum, Metode Penggalian Data Menggunakan Metode Wawancara. Hasil Penelitian Ini Bahwa: Untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa Melalui Budaya Religius Di Sekolah/madrasah Perlu Adanya Cermin Untuk Mengarahkan Siswa Kepada Pegalaman Kehidupan Siswa Secara Nyata (real Life) Agar Dapat Senantiasa Melekat Dalam Diri Siswa. Ada Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Dalam Meningkatkan Budaya Religius Siswa Melalui Budaya Religius Di Lingkungan Sekolah Diantaranya Pendampingan Dan Keteladanan Dari Guru, Kerjasama Dan Kekompakan Guru Dalam Memberikan Pengawasan Dan Pendampingan Pada Siswa, Adanya Inovasi Dan Berani Untuk Merintis Budaya Religius Di Sekolah Sehigga Tercipta Suasana Yang Religius Pula, Dan Yang Paling Penting Adalah Adanya Komitmen Dan Dukungan Dari Orangtua. Sedangkan Faktor Penghambatnya Antara Lain Keluarga Dan Lingkungan Sekitar Yang Kurang Mendukung, Kurangnya Pendampingan Dan Keteladanan Guru Di Sekolah, Kurangnya Evaluasi Dan Sinkronisasi Antara Pihak Sekolah Dan Orangtua Dan Yang Paling Penting Adalah Komitmen, Kompetensi Guru, Dan Konsistensi Dalam Menajalankan Budaya Religius Yang Telah Disepakati. Solusi Untuk Mengatasi Kendala Tersebut Adalah Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Pembinaan, Penedekatan Personal Maupun Klasikal Melalui Forum Rapat Sebagai Bentuk Komunikasi Dan Monitoring Bagi Guru Dan Warga Sekolah, Membentuk Komunikasi Yang Efektif Dan Berkelanjutan Dengan Orang Tus Siswa Serta Yang Paling Penting Adalah Evaluasi Yang Detail Dan Continue Agar Dapat Diketahui Dengan Sangat Baik Kelebihan Dan Kekurangan Selama Dalam Pelaksanaan Dan Menentukan Tindak Lanjut Yang Solutif. Kata Kunci: Perilaku Religius, Budaya Sekolah
Silahkan login untuk meminjam