Skripsi / Tugas Akhir

A1710007
MOCH. YUNUS



PERAN NYAI KHAIRIYAH HASYIM DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM


Abstrak - ABSTRAK Moch Yunus, NIM: A. 1710007, Peran Nyai Khairiyah Hasyim Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Kata Kunci: Ulama Perempuan, Pendidikan Perempuan, Nyai Khairiyah Hasyim Belum Begitu Banyak Orang Yang Tahu Bahwa Di Jombang Telah Lahir Sosok Tokoh Ulama Perempuan Dan Pendidikan Yang Begitu Peduli Dlam Memperjuangkan Terhadap Perkembangan Kaum Perempuan. Tepatnya Pada Tahun 1921, Telah Berdiri Sebuah Lembaga Pendidikan Yang Khusus Diperuntukkan Bagi Kaum Perempuan. Lembaga Ini Bernama Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak Yang Didirikan Oleh Nyai Khoiriyah Hasyim Dan Suaminya. Latar Belakang Didirikannya Pesantren Ini Adalah Oleh Suatu Kondisi Dimana Penduduk Seblak Tidak Mengerti Agama Dan Kaum Perempuan Sering Menerima Perlakuan Diskriminatif Dalam Memperoleh Pendidikan. Bertolak Dari Hal Tersebut, Maka Dilakukan Penelitian Yang Mengangkat Tokoh Pendidikan Perempuan Di Jombang Dalam Upaya Memajukan Kaum Perempuan Melalui Pendidikan. Penelitian Ini Merupakan Studi Pustaka Riwayat Hidup Tokoh (studi Tokoh) Menggunakan Pendekatan Analisis Isi Kualitatif Deskriptif Dan Interpretasi Disertai Kritik Intern Dengan Metode Hermeneutika Dan Historiografi Peninjauan Sejarah, Yang Merujuk Pada Analisis Teks Pada Dokumen, Buku, Jurnal, Artikel Dan Lain-lain Yang Berkaitan Dengan Penyajian Yang Bersifat Deskriptif-analitik Dengan Uji Keabsahan Teori Sosiologi Pengetahuan. Setelah Melakukan Penelitian, Diketahui Bahwa Nyai Khoiriyah Adalah Seorang Pemikir Dan Aktifis Perempuan Jawa Yang Lahir Dari Keluarga Santri Dan Memiliki Cita-cita Tinggi Untuk Memajukan Bangsa Dengan Cara Memajukan Kaum Perempuannya Melalui Pendidikan. Karena Hanya Dengan Pendidikanlah Seorang Perempuan Akan Memiliki Banyak Pengetahuan Dan Ketrampilan Yang Berguna Bagi Dirinya, Keluarga, Masyarakat, Bangsa, Dan Negara. Gagasannya Itu, Ia Tuangkan Dengan Mendirikan Madrasah Banat Dan Pesantren Seblak Yang Khusus Diperuntukkan Bagi Kaum Perempuan. Kedua Lembaga Tersebut Adalah Ujung Dari Satu Idealisme Atau Ujung Dari Cita-cita Bangsa Yang Merupakan Hasil Kerja Keras Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Derajat Kaum Perempuan. Implementasi Konsep Itu Sendiri Tertuang Dalam Kurikulum Yang Diterapkan Pada Pesantren Seblak Diantaranya Dengan Memfokuskan Materi Pelajaran Pada Ketrampilan Perempuan Sebagai Salah Satu Upaya Pemberdayaan Kaum Perempuan Dengan Pendidikan.
Silahkan login untuk meminjam