Skripsi / Tugas Akhir

18200011243
ROHMATUN NAZILAH



POLA BELAJAR ANAK SEBAGAI DAMPAK PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI CIKANDANG 01


Abstrak - ABSTRAK Rohmatun Nazilah, NIM. 18200011243: Pola Belajar Anak Sebagai Dampak Pandemi Covid 19 Di SD Negeri Cikandang 01, Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNWAHAS Tahun 2021. Kata Kunci: Pola Belajar Anak, Pandemi Covid 19 Pola Belajar Siswa Dalam Kegiatan Belajar Mempunyai Pola Belajar Yang Baik Dan Pola Belajar Kurang Baik. Dalam Kenyataan Di Sekolah Dapat Kita Lihat Terdapat Siswa Yang Malas Belajar Karena Tidak Memiliki Pola Belajar Yang Baik. Siswa Tidak Banyak Yang Memanfaatkan Waktunya Untuk Melaksanakan Kegiatan Belajar, Bagi Siswa Yang Tidak Bergairah Dalam Belajar Maka Dapat Diterapkan Pola Belajar Yang Dapat Membuat Siswa Aktif. Sejak Adanya Pandemic Covid-19 Pembelajaran Formal Yang Sebelumnya Dilakukan Secara Konvensional Di Sekolah Menjadi Berubah Karena Harus Dilaksanakan Di Rumah. Pembelajaran Yang Dilakukan Di Rumah (study From Home) Ikut Menambah Beban Tanggung Jawab Bagi Orang Tua Atau Keluarga Untuk Semakin Terlibat Dalam Pendidikan Anaknya. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memahami Dan Menganalisis: (1) Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Anak SD Dimasa Pandemic Covid 19 (2) Motivasi Belajar Anak SD Dimasa Pandemic Covid 19 (3) Karakteristik Pola Belajar Anak Pada Masa Pandemic Covid 19. (4) Analisis Pola Belajar Anak Pada Masa Pandemic Covid 19. Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif Jenis Penelitian Lapangan. Metode Pengumpulan Datanya Adalah Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Model Analisis Interaktif Miles Dan Huberman Yang Mencakup Empat Komponen Yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data Menggunakan Teknik Triangulasi, Yakni Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Yang Memanfaatkan Sesuatu Yang Lain Dalam Membandingkan Hasil Wawancara Terhadap Objek Penelitian. Hasil Penelitian Ini Adalah Sebagai Berikut: (1) Pembelajaran Pada Masa Pandemic Covid 19 Menjelaskan Bahwa Terdapat Dua Metode Pembelajaran Yang Diterapkan Di Kelas IV Yaitu Pembelajaran Daring Dan Kegiatan Tatap Muka, Dalam Kegiatan Daring Atau Belajar Dari Rumah Sebagai Wujud Pencegahan Penyebaran Virus Corona. Pembelajaran Daring Dilaksanakan Dengan Menggunakan Aplikasi WhatsApp Dalam Menyampaikan Materi Kepada Siswa, Tugas-tugas Harian Juga Dikirim Melalui WhatsApp (2) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Metode Ceramah. Karena PAI Kan Memang Sangat Perlu Ya Penjelasan Yang Mendalam. Sekaligus Memberikan Contoh-contoh Sederhana Yang Ada Disekitar Kita Setiap Harinya, Supaya Anak-anak Bisa Mudah Memahaminya, Dengan Adanya Kecanggihan Teknologi Dan Sarana Yang Mendukung Maka Saya Gunakan Android Sebagai Sarana Untuk Menjalankan Metode Tersebut.(3) Guru Harus Pintar Untuk Memilih Media Pembelajaran Dalam Penyampaian Materi, Agar Siswa Menjadi Tidak Bosan Saat Menyampaikan Materi.
Silahkan login untuk meminjam